Kamis, 24 Agustus 2017

Bupati dan Ketua DPRD Polman Siap Bersinergi
POLEWALITERKINI.NET - Bupati Polewali Mandar, H Andi Ibrahim Masdar mengatakan, sinergitas antara eksekutif dan legislatif harus dibangun karena merupakan keniscayaan dalam menyelenggarakan berkualitas dalam membina keluarganya.

Demikian Bupati Polman pada acara pelantikan dan pengukuhan Ketu PAW DPRD, Ir.Fariduddin Wahid, M.Si dan dua anggota PAW, Drs. H.Tasmin Djalaluddin, MM dan Hj. Muhasbih. Senin, 14 Agustus 2017.

Alamia sesuai mekanisme berpolitikan di negeri ini yang dapat dilakukan setiap partai politik sehingga pemerintah menyambut baik kepada siapun yang terpilih menjadi aktor di lembaga perwakilan rakyat itu.

Sekedar diketahui, Ir. Fariduddin Wahid, caleg Dapil II dari partai Golkar menggantikan Ketua DPRD Polman (Almarhum) H. Hamzah Haya sementara Drs.H.Tasmin Djalaluddin caleg Dapil III Polman dari partai Golkar juga menggantikan satu Dapil dengan H. Hamzah Haya yang telah meninggal pada tanggal 29 Maret 2017 sedangkan Hj. Muhasbih Caleg Dapil II dari partai Gerindra menggantikan H. A. Ian Rusali karena mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Polman.

Mantan Ketua DPD partai Golkar Polewali Mandar lebih jauh mengatakan, momentum pergantian antar waktu anggota DPRD yang berkaitan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke 72 tahun, harus menjadi momentum penyegaran pembaruan kinerja sehingga beberapa agenda legislasi dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

“Kita tidak perlu berkecil hati jika disebut pelayan karena kepemimpinan suatu kaum adalah pelayan bagi mereka diutus Tuhan dimuka bumi ini sebagai khalifah.” Ujar Andi Ibrahim Masdar.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Polman, Ir.Fariduddin Wahid, M.Si mengatakan, pihaknya siap menata dan menjalankan roda organisasi di parlemen, yang lowong selama 5 bulan pasca meninggalnya Ketua DPRD Polman, H.Hamzah Haya, tanggal 29 Maret 2017 lalu.

Menurut Fariduddin Wahid, fungsi DPRD sebagi legislasi, pengawasan dan anggaran, sehingga akan mengoptimalkan agenda pembahasan regulasi dengan melibatkan seluruh alat kelengkapan dewan dalam melaksanakan pengabdian sebagai wakil rakyat di parlemen.

”Saya akan mendorong Ranperda inisiatif dewan utuk disahkan menjadi peraturan daerah (perda) termasuk 5 Ranperda diusulkan pihak eksekutif, yang sekarang sudah tahap pembahasan melalui pansus di DPRD Polman.” Ungkap Fariduddun Wahid.

Usai dilantik, Fariduddin Wahid pada jam kedua, tanggal 14 Agustus 2017 langsung memimpin rapat pembacaan nama personel anggota pansus membahas 3 Ranperda, yakni Pansus pertama, membahas Ranperda tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati penggunaan APBD 2016 yang beranggotakan 14 orang.

Pansus kedua, membahas Ranperda tentang Hak Keuangan dan Adminitrasi Pimpinan dan anggora DPRD Polman, beranggotakan 15 orang dan Pansus ketiga, membahas Ranperda tentang Perubahan perda Nomor 1 tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Polewali Mandar dengan beranggotakan 11 orang.
Laporan : Andira Mordani