PIFAF 2017

Senin, 21 Agustus 2017





POLEWALITERKINI.NET – Bertempat di Hotel Ratih Jalan Andi Depu Polewali Mandar, Sulawesi Barat, 55 Wisatawan Mancanegara (WISMAN) di Jemput oleh Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) lewat Dinas Pemuda olah Raga dan Pariwisata (Dispop),

Dengan Tari Paduppa oleh Sanggar Seni Beru beru, wisatawan yang hadir. Minggu sore 21 Agustus 2017 diterima oleh Asisten 2 Bupati, Drs Darwin Badaruddin M.Si yang ditandai dengan pengalungan sarung Sutra Mandar dan selanjutnya menuju Ruang Lobi Hotel dengan ucapan selamat datang diterjemahkan dalam bahasa Jepang.

Darwin Badaruddin saat jumpa Pers usai menerima mengatakan, atas nama Bupati Polewali Mandar, Andi Ibarahim Masdar (AIM) menerima tamu manca negara ini yang akan berada di Polewali Mandar selama 5 hari, yakni Senin sampai Jumat 21-25 Agustus 2017.

Kedatangan tamu ini bertempat ekonomi tinggi khususnya tingkat hunian hotel serta belanja lainnya berupa sulpenir dan lain lain yang merupakan prodak lokal mereka pasti akan memboyong ke Negaranya.

“Mereka ini terdiri dari Dosen dan Mahasiswa serta pemerhati Budaya di Jepang dan mereka diberangkatkan ke Indonesia oleh biro Perjalanan dan mereka sendiri yang biayai datang dan Pulangnya ke Jepang.” Kata Darwin Badaruddin.

Terpisah Sekretaris DISPOP Polewali Mandar Mustari Mulla Tammaga mengatakan, malam ini kami akan jamu makan malam di Cafe beru beru lantora dan akan disuguhi oleh berbagai tarian dan musik elekton.

Besok pagi lanjut Mustari para wisatawan dari negeri matahari terbit akan menyaksikan lomba segi tiga perahu tradisional Mandar Sandeq yang akan berlangsung di Pantai Bahari Polewali, siang hari mereka akan mengunjungi Wisata Agro di Mapilli dan Luyo menyaksikan langsung Prosesi panen kakao (coklat) dan proses pengelolaan .

Kemudian pada Hari Rabu 23 Agustus 2017 mereka akan berada di Pantai Pallipis Kecamatan Balanipa selain wisata bahari juga akan menyaksikan penampilan Kuda Pattudu (kuda Menari) sekitar pukul 12 siang mereka akan berada di koita Kolonisasi kecamatan Wonomulyo,menyaksikan proses pembuatan Coklat (Es Cream) di PT. Mataram jalan Poros Kediri. Kata Mustari Mulla Tammaga.

Pada Kamis, 24 Agustus 2017 para Tamu ini akan kembali ke Lampa Keluharan Mapilli, yakni di SDN 003 menyaksikan demo Siswa siswi SDN memperagakan cara membuat makanan dan cemilang  dari Coklat. 

Setelah itu akan melakukan ramah tamah dengan pemerintah kabupaten Polewali Mandar di Hotel Ratih, malam hari mereka akan melakukan diskusi dengan para petani dan pengusaha kakao di daerah ini .

Harapan kami sebagai penerima tamu asal jepang ini bisa membuahkan hasil secara ekonomi dan Educasion untuk para Siswa, selain memperkenalkan budaya kita di Mandar juga akan menjadi cerita Indah bagi Wisatawan jepang bila kembali Kenegaranya. Ungkap Mustari Mulla Tammaga.
Laporan  :  Burhanuddin Haruna