PIFAF 2017

Selasa, 15 Agustus 2017

Jadi Tradisi Tahunan Warga
 Warga Dara Baca Do'a Syukuran Panen Tahunan
Padi (Gabah ) Hasil Panen di Dara Kelurahan Darma
POLEWALITERKINI.NET - Panen padi berlimpah di Lingkungan Dara, Kelurahan  Darma, Kecamatan Polewali, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, cukup mnnggebirakan sehingga sejumlah warga yang memulai memasak nasi baru diawali dengan syukuran.

Para petani setempat melakukan baca doa dan mengundang Imam Masjid bersama keluarga dekat dan para tetangga seperti dilakukan oleh warga Dara, Muh Asri di rumahnya Minggu malam usai Magrib (13/08/2017).

Imam Masid Darussalam Dara, Muslimin kepada media seusai baca baca syukuran mengatakan, sudah menjadi tradisi pasca panen dan makan beras baru maka diawali dengan syukuran, minimal potong satu ayam dan memanggil imam, kelurga dekat dan tetangga.

“Kita bersyukur kepada ALLAH SWT, karena  dimusim tanam Gadu ini kita mendapat reski panen, sementara tetangga kampung kami di lingkungan Jambu Tua di musim panen pola tanam gadu mereka kurang beruntung, seperti yang terjadi di dusun Labasang desa Tonrolima sekitar 80 hektar gagal panen karena serangan tikus.” Kata Muslimin.

Petani di Lingkungan Dara lanjut Muslimin masih memakai sistim pertanaman IP (Index Pertanaman Padi Palawija), yakni 2 kali turun sawah 1 kali Palawija jadi ada waktu tanah istirahat yang masa dimana Tikus berkembang biak.

“Jadi saat itu kita tanam kacang kacangan atau jagung , seperti sekarang ini memasuki musim tanam rendengan, nanti bulan Nopember (Bulan 11) barulah turun sawah lagi.” Kata Muslimin.
Laporan : Burhanuddin Haruna.