PIFAF 2017

Minggu, 27 Agustus 2017

Kanan, Lurah Pekkabat, Asrat Kaimuddin, Bhabinkamtibmas
Memeriahkan Pesta Rakyat di Jalan Cenderawasi Pekkabata
Pagelaran Tarian Kreasi Putri Jalan Cenderawasi
Pagelaran Tarian Kreasi Putri Jalan Cenderawasi
Suasana Malam Pesta Rakyat di Jalan Cenderawasi Pekkabata
POLEWALITERKINI.NET – Rangkaian HUT Kemerdekaan RI Ke 72 di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menjadi kebiasaan para warga melakukan kegiatan yang sifatnya menumbuhkan kebersamaan dan persatuan antar masyarakat.

Seperti kegiatan Pesta Rakyat digelar warga Jalan Cenderawasi Bersama Pemerintah Kelurahan Pekkabata, Kecamatan Polewali, dengan melibatkan tokoh pemuda setempat warga bersatu memeriahkan HUT RI dengan menggelar makan bersama dimana setiap rumah menyuguhkan makanan tradisional asal daerah.

Acara itu dimulai dengan laporan panitia. Dalam kesempatan itu mengatakan, tujuan kegiatan warga Jalan Cenderawasi adalah menumbuhkan rasa persatuan, kebesamaan, sportivitas dan mengenang jasa para pahlawan. Jumat malam (25/08/2017).

Sebelum pelaksanaan pesta rakyat, berbagai lomba juga digelar, perlombaan lari karung anak anak, putri dan dewasa, lomba makan kerupuk, sendok kelereng anak dan dewasa, lomba makan mie putra putri.

Kegiatan yang diinisiasi para pemuda dan Kepala Lingkungan, Ibu Lisma cukup diaprisasi oleh sejumlah piha, mereka pun mendapatkan anggaran kegiatan yang bersumber dari sumbangan masyarakat di Jalan Cenderawasi sebesar Rp. 2.450. 000 ribu rupiah.

Selepas sambutan panitia, pada kesempatannya Bhabinkamtibmas Brigpol Mukhlis mengatakan, apreasiasi kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan ini. Kata dia, kagum karena Diusia ke 72 masih ada masyarakat yang antusias melakukan pesta seperti itu.

Dia juga mengimbau masyarakat agar menjalin hidup rukun dengan para tetangga, kedepankan tenggang rasa, toleransi. Dan Jika ada permasalahan disampaikan ke pihak Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah

“Warga dan pemuda harus mewaspadai paham radikal, jika ada ditemukan diharapkan disampaikan kepada petugas, Nasionalis patriotisme tetap dijaga, mengisinya dengan berperan serta menjaga keamanan dan ketertiban.” Kata Bhabinkamtibmas Kelurahan Pekkabata. Brigpol Mukhlis.

Tak hanya Bhabinkamtibmas, Drs Asrat Kaimuddin salah satu tokoh masyarakat dan juga Kepala Samsat Polewali Mandar dalam kesempatannya mengingatkan bahwa kemerdekaan itu tidak mudah diraih tapi kemerdekaan adalah manivestasi untuk mengisi kemerdekaan dan tidak kebablasan.

“Yang terpenting mengisi kemerdekaan dengan menjaga, mempertahankan NKRI dan jika diabaikan akan bercerai berai sehingga tujuan kemerdekaan sulit trimplementasi.” Kata Drs Asrat Kaimuddin.

Ucapan terimakasih kepada Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar (AIM) yang telah menumpahkan perhatiannya ke jalan Cenderawasi dan sudah dilakukan perbaikan sehingga jalan yang berlubang sudah tak ada lagi.

Sementara itu Nabil Wijdan AL Hamdani, S.STP  alumni STPDN yang menjabat Lurah Pekkabata, kepada seluruh pemuda dan masyarakatnya menyampaikan apresiasi tinggi atas terlaksananya acara ini terutama kepada Kepala lingkungan dan para pemuda di Jalan Cenderawasi.

Kata Nabil Wijdan, pemudah mampu mempersatukan masyarakat, bahkan dengan kegiatan ini menumbuhkan Nasionalisme cinta terhadap tanah air. Pemuda lah yang potensi memerdekakan bahkan menghancurkan negara, namun jika mereka menjaga akan menjadi tonggak dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan.

"Tidak terpancing dalam melakukan kejahatan, sebab jika ingin menghancurkan negara hancurkan pemudanya.” Kata Nabil Wijdan AL Hamdani, S.STP  alumni STPDN yang masih berusia muda ini.

Dia tambahkan ucapan terimakasih kepada seluruh warga atas dukungan hingga terlaksananya kegiatan dan seluruh rangkaiannya. Acara diakhiri dengan pertunjukan tari kreasi dari anak anak Cenderawasi dengan menggunakan pakaian adat sarung madar dan penyerahan hadiah lomba.
Laporan  :  Sukriwandi