PIFAF 2017

Selasa, 26 September 2017

Ilustrasi
POLEWALITERKINI.NET – Pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) triwulan ke 3 belum ada kepastian kapan akan dikucurkan.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pengembangan dan Pendidikan Dinas Pendidikan Polewali Mandar, H. Muhiddin yang juga manager Dana Bos. Selasa, 26 September 2017.

Kata H. Muhiddin hingga saat ini belum ada kabar dari Provinsi terkait mengapa dana BOS belum dikucurkan, padahal sudah ada Kepala sekolah yang menanyakan kapan pencairan dana Bos.

Menyikapi itu pihak Disdikbud Polman hanya meminta kepada Kepala sekolah agar bersabar karena kewenangan pencairan dana BOS dipegang oleh Pemerintah Provinsi.

"Pencairan untuk dana Bos SD/SMP itu dari Provinsi semua, provinsi mentransfer langsung ke rekening masing-masing sekolah, kita hanya membantu mengurus SPJ-nya, dan kelengkapan dokumen pencairannya." Kata Kabid Pengembangan & Pendidikan Dinas Pendidikan Polman, H. Muhiddin.

Menurutnya, Kepala sekolah wajib melaporkan LPJ penggunaan dana BOS triwulan sebelumnya jika ingin mendapatkan rekomendasi pencairan dana BOS, kata dia, meski sepenuhnya penggunaan dana BOS menjadi kewenangan kepala sekolah, tetapi penggunaan dana Bos harus tetap sesuai dengan ketentuan.

"Untuk itu jangan pernah main-main mengunakan dana BOS ikuti juknis dan aturannya." Ucap H. Muhiddin.

Sementara itu Kepala SDN 001 Polewali, Nurjannah yang dikonfirmasi terkait keterlambatan pencairan dana Bos triwulan ke 3 mengaku belum berdampak pada pelaksanaan proses belajar mengajar di SDN 001 Polewali.

"Alhamdulillah proses pendidikan masih berjalan lancar, memang sudah saatnya cair lagi untuk triwulan ke 3 tapi kita tidak tahu kenapa dari atas belum cair." Tutup Kepsek SDN 001 Polewali, Nurjannah.

Laporan  :  Z Ramadhana