PIFAF 2017

Sabtu, 14 Oktober 2017

Bupati Polman Ingatkan Kades Kelola Dana Desa
Bupati Bersama Hj Zakinah, Arifin Yambas dan Halimuddin
Para Kades Saat Mengikuti Rapat di Rumah Jabatan Bupati
POLEWALITERKINI.NET – Bertempat di Rumah Jabatan, Bupati Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Andi Ibrahim Masdar menggelar pertemuan yang dihadiri ratusan kepala desa (Kades) dalam rangka evaluasi sisa 20 persen pekerjaan dan anggaran pengelolaan Alokasi Dana Desa tahun 2017.

Dalam kegiatan itu, Andi Ibrahim Masdar menyampaikan kepala desa sebagai ujung tombak pemerintah di wilayah pedesaan supaya selalu berupaya memberi pelayanan terbaik bagi masyarakatnya dengan bekerja maksimal demi kemajuan desa bukan untuk melakukan perbuatan negatif yang dapat merusak citra desanya.

"Jangan coba coba akali Bupati terkait program dana desa tersebut, karena apa yang ada di otak kepala desa itu saya sudah paham, karena 1001 macam persoalan kepala desa telah sampai kepada saya, bukan lagi terkait anggaran desa yang main sendiri juga terkait sejumlah kades yang istrinya dua yang datang mengadu kepada saya." Ungkap Andi Ibrahim Masdar.

Selain itu, Bupati yang akrab disapa AIM ini juga berpesan agar para kades transparan dalam mengelola dana desa dan intens membangun koordinasi yang baik kepada Sekretaris Desa, BPMPD, aparat desa, kepala dusun serta warganya.

"Karena kalau kita diburu buru pengawas, kita datang ji minta tolong di rumah, jadi saya berharap dana desa betul betul dimanfaatkan untuk pembangunan desa supaya periode berikutnya kita dipilih lagi rakyat ta di pilkades." Kata Andi Ibrahim Masdar.

Sebelum memulai program desa lanjutnya, usahakan terlebih dulu berkonsultasi dengan Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) karena mereka ini lembaga tempat berhimpunnya kepala desa.

"Jangan memulai pekerjaan atau program kalau anggaran belum turun karena itu akan jadi pertanyaan usahakan terjalin hubungan harmonis kepada Apdesi dan BPMPD sebagai induknya kepala desa." Ujar AIM.

Selain itu, kata dia, dirinya berharap program pembangunan desa yang anggarannya bersumber dari APBD Polewali Mandar patut diawasi penggunaannya supaya masyarakat bisa merasakan betul manfaatnya.

"Kiranya diawasi langsung, jangan lagi kepala desa ikut berkolusi dan ditempat ini saya berjanji agar kinerja Apdesi lebih efektif saya akan siapkan kantor." Kata AIM Petahana kandidat calon Bupati  2018.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Polman, Zakinah mengatakan, hendaknya kepala desa selalu memberi pemahaman kepada rakyatnya terkait kucuran dana desa.

"Dana desa sudah ada posnya dan sudah ditentukan dari pusat dan kita dapatkan bantuan ini selain memang program pusat juga atas upaya bupati dalam memperoleh anggaran tersebut, jadi ini juga perlu dipahami warga desa." Kata Zakinah.

Laporan  :  Burhanuddin Haruna

Editor     :  Z Ramadhana