Rabu, 25 Oktober 2017

Lurah Binuang Berbincang Bersama Bersama Warga
Peta Bantuan Sosial Percepat Akses Bantuan Kepada Warga
POLEWALITERKINI.NET – Pemerintah Kelurahan Ammasangan, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, petakan potensi setiap lingkungan di wilayahnya.

Lurah Ammasangan, Muhammad Narwis menjelaskan, bahwa program peta bantuan sosial yang baru di launching. Selasa, 17 Oktober 2017 lalu bertujuan untuk membuka aspek informasi bantuan sosial dan percepatan bantuan melalui pemetaan dengan berbagai media.

Peta Bantuan Sosial ini rampung pembuatannya dengan melibatkan para pemuda sebagai relawan yang dibentuk memiliki keunggulan lebih dari sekedar data.

"Kenapa kita katakan more and data (lebih dari sekedar data karena di 7 Lingkungan, yakni Tandakan, Tandakan Baru, Binuang I, Binuang II, Pekkabata Kanang dan di Pulau Tangnga, kita sudah petakan apa permasalahan masyarakat, contohnya miskin kemudian kita cari apa potensi yang bisa di kelola masyarakat." Jelas Muhammad Narwis. Rabu (25/10/2017).

Dia menggambarkan kondisi masyarakat di lingkungan Pulau Tangnga ini disampaikan  bahwa banyak masyarakat yang miskin di pulau tersebut, kenapa mereka miskin karena mereka tidak memiliki keterampilan yang bisa Diandalkan. Hal lain melihat potensi sumber daya alamnya banyak tak dimanfaatkan. Katanya.

Setiap lingkungan memiliki potensi masing-masing dan kamauan warga untuk bekerja tinggi, namun mereka bingung apa yang akan dikerjakan karena tidak memiliki keterampilan. Dengan adanya peta bantuan sosial ini jika ada program bantuan pemerintah Kelurahan sudah memiliki datanya dan kita sudah bisa mengetahuinya. Kata Lurah Amassangan, Muhammad Narwis.

Dia tambahkan, dengan melibatkan para pemuda karang taruna beberapa informasi seperti asuransi pertanian, informasi terkait program dan lainnya dalam bentuk baligho telah di sebar oleh pemuda ke masyarakat Ammasangan.

"Semua terlibat dalam peta bantuan sosial ini baik Kelurahan maupun Kepala lingkungan dan juga melibatkan pemuda agar unsur pemberdayaannya ada." Kata Muhammad Narwis.

Laporan  :  Erwin Setiawan