PIFAF 2017

Kamis, 05 Oktober 2017

Upacara Peringatan HUT TNI di Makorem 142/Tatag
Pelajar Kunjungi Pameran Alusista Senjata Ringan
Prajurit Yonif 721/Mks Peragakan Kemampuan Bela Diri
POLEWALITERKINI.NET – Upacara Puncak peringatan HUT TNI ke-72 Tingkat Korem 142/Tatag dilaksanakan di lapangan Makorem Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Kamis (5/10/2017).

Dalam kegiatan itu selaku inspektur upacara Danrem 142/Tatag yang di wakili oleh Kasrem Letkol Inf. Drs. Priono dengan mengusung tema "Bersama Rakyat TNI Kuat".

Sambutan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang di bacakan inspektur upacara menyampaikan bahwa Tema "Bersama Rakyat TNI Kuat" mengandung makna TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat.

Kekuatan TNI yang bersandar kepada Rakyat, Merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta  bela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (Centre Of Gravity).

Turut hadir Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Drs. Baharuddin Djafar, Ketua Persit Korcabrem 142/Tatag Ny. dr. Camillia Palupi shobri, Tokoh Masyarakat sulbar Prof. Rahmat Hasanuddin, Kabinda Sulbar serta Kakorda Kemhan Sulbar.

Hadir pula Sekda Provinsi Sulbar Drs. Ismail Zainuddin yang mewakili Gubernur, Kejati Sulbar, Bupati Mamuju dan bupati wilayah mamuju,  Dandim jajaran Korem 142/Tatag, Kapolres wilayah Sulbar, Para kepala SKPD, BUMN serta elemen masyarakat lainnya.

Sementara peserta upacara terdiri dari 1 SST Perwira menengah,  1 SST perwira pertama, 1 SSK gabungan Makorem dan Balak ajurem, 1 SSK Kodim 1418, 1 SSK Polri, 1 SSK Pemda, 1 SSK pelajar dan korpri.

Usai parade, pengunjung dan undangan disuguhkan acara sosiodrama dengan judul "Saat diujung Badik I Malombasi Mengusir VOC" yang mengisahkan Perjuangan sultan hasanuddin yang bergelar I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangepe menentang monopoli dagang VOC.

Tak mau ketinggalan dengan penampilan  sosiodrama dari Prajurit dan ASN  Makorem,  Prajurit Yonif 721/Mks juga menampilkan kemampuan dan keterampilan bela diri Yong Moodo memperagakan jurus dan gerakan perorangan dan kelompok.

Dalam kata sambutan syukuran, Danrem 142 yang di wakili oleh Kasrem, menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan komponen masyarakat selama ini, pentingnya sinergitas bersama semua komponen dalam menghadapi Tantangan dan ancaman kedepan.

Pada kesempatan itu Prof. Rahmat Hasanuddin selaku tokoh masyarakat sulbar juga mengungkapkan rasa bangganya dengan kehadiran TNI terutama korem 142/Tatag di Mamuju seiring dengan era pemekaran daerah dan tantangan pertahanan keamanan di wilayah Sulbar.

Sedangkan Sekda Provinsi Sulbar, Drs. Ismail Zainuddin mewakili Gubernur Sulbar menyampaikan ucapan Selamat dirgahayu TNI ke-72, Keberadaan TNI di wilayah Sulbar sangat penting dalam mendukung proses percepatan pembangunan.

Sedangkan Kapolda Sulbar, Brigjen Pol. Drs. Baharuddin Djaffar juga menyampaikan dirgahayu TNI ke -72, Sinergitas antara TNI dan Polri sangat penting dalam mengawal jalannya pembangunan terutama dalam menciptakan stabilitas keamanan.

Disela sela upacara HUT TNI di makorem, ratusan pelajar dan masyarakat juga berbondong bondong mendatangi Pameran Alusista Senjata ringan dan berat yang di pamerkan oleh Denpal Parepare.(*)