PIFAF 2017

Kamis, 09 November 2017


Kapolda Sulbar, Brigjen Pol. Drs. Baharuddin Djafar M.Si
Kunjungan Kapolda Sulbar di Polewali Mandar
POLEWALITERKINI.NET – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) 2018 serentak di 2 Kabupaten di Sulbar, yakni Polman dan Mamasa, pihak kepolisian diwajibkan netral tidak memihak kandidat siapapun.

Hal ini dilontarkan Kapolda Sulbar, Brigjen Pol. Drs. Baharuddin Djafar M.Si saat ditemui di kegiatan 4 pilar di gedung nusantara, Polewali Mandar (Polman). Kamis, 9 November 2017.

Menurutnya, dari sudut pandang Kepolisian, menjaga keamanan dan ketertiban itu adalah tugas polisi supaya dapat mencegah potensi konflik, lantaran polisi tak punya hak memilih jadi faktor yang menentukan berdiri pada posisi netral terhadap dinamika politik yang terjadi.

"Saya sudah perintahkan seluruh anggota saya untuk netral dalam melaksanakan pengamanan di pilkada ini." Kata Kapolda Sulbar, Brigjen Pol. Drs. Baharuddin Djafar M.Si.

Selain itu, kata dia, anggaran pengamanan pilkada Polman sudah diajukan sesuai kebutuhan, ia pun meminta masyarakat mengawasi anggaran pengamanan pilkada kalau sudah disahkan.

"Usulan sekarang masih dibicarakan yang jelas seluruh kebutuhan pengamanan sudah diajukan, silahkan dibicarakan, masyarakat boleh mengawasi berapa banyak nanti setelah diputuskan." Tegas Baharuddin Djafar.

Sementara itu Kepala Badan Keuangan Pemkab Polman, Mukim Tohir saat dikonfirmasi menjelaskan, anggaran pengamanan pilkada polman 2018 sudah dibahas namun belum final.

"Kita sudah bahas tapi belum final, anggaran pengamanan untuk Polres Polman yang telah dibahas itu Rp. 3 Miliar diluar BKO." Ungkap Kepala Badan Keuangan Pemkab Polman, Mukim Tohir.

Dia menambahkan, anggaran pengamanan pilkada yang diusulkan Polres Polman sebesar Rp. 15 Miliar tetapi asumsi yang diajukan Rp. 3 Miliar, kata dia, anggaran pengamanan pilkada rencananya masuk di APBD 2018.

"Sementara yang sudah final itu Panwaslu anggarannya Rp. 4,5 Miliar, dan KPU Polman Rp. 27,4 Miliar, karena mereka punya pegawai yang harus gajian. Sudah final." Kata Mukim Tohir. 

Laporan  :  Z Ramadhana.