Sabtu, 18 November 2017


Kapolsek Pimpin Penumpahan Ballo Dibelakang Mapolsek
Antisipasi Keamanan Polsek Wono Gerebek Penjual Miras
Tak Berijin
POLEWALITERKINI.NET – Kepolisian Rerosrt Polewali Mandar, Sektor Wonomulyo, Sulawesi Barat, gerebek dan menyita minuman keras tradisional jenis Ballo (Tuak) disejumlah tempat di desa Bakka bakka, Sugiwaras dan Sidorejo. Sabtu Sore, 18 November 2017.

Puluhan jeregen minuman yang diambil langsung di rumah warga yang selama ini menjadi penyedia minuman Tuak yang dipermentasi menjadi ballo yang memabukan bila diminum dalam jumlah tertentu.

Kepala Kepolisian Sektor Wonomulyo, yang juga Mantan Kasat Intelkam Polres Polewali Mandar, Kompol Jufri Hamid ketika ditemui seusai menumpakan minuman di lobang sumur mati di belakang kantor Polsek mengatakan, tindakan kepolisian ini semua semata terkait faktor keamanan.

Selain melanggar Perda lanjutnya, pertimbangan degelarnya pentas musik campur sari menjadi rawan terjadinya keributan akibat minuman keras.

“Karena sebentar malam, malam Minggu di desa Sugiwaras akan ada pentas musik campur sari dan setiap jenis musik di helat di Kampung kerapkali terjadi keributan karena kelompok anak muda dari sejumlah desa sebelumnya mengonsumsi Tuak.” Kata Kapolsek Wonomulyo, Kompol Jufri Hamid.

Berdasarkan informasi dan hasil penyelidikan Kepolsian, arena pentas seni campur sari para pemuda bersama komunitasnya berjoget dan kadang mereka salin bersentuhan, bergerombol ini muncul sentimen, tersinggung yang berujung pada keributan.

“Terjadilah reaksi karena sama mabuk akhirnya tak terkendali maka muncullah keributan di arena pertunjukan campur sari yang dominan dangdut Koplo dengan orientasi musik condong ke lagu lagu etnis Jawa.” Ungkap Kompol Jufri Hamid.

Dia tambahkan, pihak Kepolisian melakukan pencegahan lebih awal, sehingga saat melakukan pengamanan di acara Campur Sari tidak ada keributan.

“Itulah sebabnya minuman Ballo kita gerebek ke penjualnya dan karena ridak ada Izin menjual kita panggil pemilik dan besok, Senin menghadap ke Mapolsek.” Tegas Kompol Jufri Hamid.

Laporan  :  Burhanuddin Haruna

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini