Kamis, 09 November 2017

Hadiri Bakar Obor Keliling di Polman
POLEWALITERKINI.NET – Kelompok pemuda jalin peduli, yakni Bento Syarifuddin bersama Syahril menggalang komunikasi dengan beberapa kelompok pemuda yang ada di kelurahan polewali,  seperti Jaldur Comunity dan Gappala, untuk memotivasi para pemuda menghargai para pahlawan.

Sebuah ungkapan terkenal menyatakan bahwa, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Dan Bangsa tanpa pahlawan sama artinya Bangsa yang tak memiliki sebuah kebanggaan. Jika sebuah bangsa tidak memiliki tokoh yang bisa dibanggakan, maka bangsa itu adalah bangsa yang tak memiliki harga diri.

Karena itu, sudah sepantasnya setiap bangsa memiliki tokoh yang disebut pahlawan. Seorang Pahlawan akan menjadi sangat penting karena ia akan memberikan suatu inspirasi dan motivasi. Inspirasi untuk selalu memperbaiki kondisi bangsa ini. Dan memotivasi agar bangsa ini terus bangkit, dan menjadi suatu bangsa yang bisa dibanggakan.

Para pemuda bersama Mahasiswa di Kelurahan Polewali mencoba inisiasi acara rutin setiap tahun, yakni mengenang akan berbagai macam jasa para pahlawan. Kata mereka mutu peringatan itu menurun dari tahun ke tahun, makin tidak menghayati makna hari pahlawan. Peringatan yang terselenggara cenderung bersifat seremonial saja.

Menurutnya tak harus ikut mengorbankan nyawa seperti para pejuang di Surabaya, namun tugas para pemuda dan masyarakat saat ini adalah memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan zaman. Saat memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, rakyat telah mengorbankan nyawanya.

Dilatarbelakangi hal di atas kelompok pemuda Kelurahan gelar diskusi di Taman Bambu runcing polewali dan disepakati adanya kegiatan menghargai Jasa Pahlawan dengan "Parade Obor Semangat Perjuangan". Yang akan digelar malam ini. Kamis, 9 Oktober 2017.

Bentuk kegiatan Parade Jalan Kaki menggunakan obor, Start di halaman Kantor Lurah Polewali dan Finish di Taman Bambu Runcing. Bagi pemuda dan masyarakat yang ingin bergabung akan disiapkan Obor,  pita merah putih dan snack.

Dalam acara itu sejumlah pemuda akan Lari mengelilingi rute kirab dengan membawa obor, selanjutnya menjadi obor sentral yang akan dibagikan kepada peserta kirab.

Kegiatan ini juga dibantu oleh Mahasiswa KKN PPL UNM dengan masuk menjadi panitia acara sekaligus mengisi materi acara, diantaranya Menampilkan Teatrikal perjuangan. Puisi,  Orasi orasi kebangsaan dan perjuangan.(*)