PIFAF 2017

Kamis, 09 November 2017


Bazar SMAN 3 Polewali Dorong Minat Wirausaha
Para Siswa
Bazar Siswa SMAN 3 Polewali Diharapkan Dapat
Tercipta Melalui Bazar
Diacara Bazar Siswa Tampilkan Teatrikal
POLEWALITERKINI.NET – SMAN 3 Polewali menggelar bazar Kewirausahan dirangkai festival akustik. Kamis, 9 November 2017, bazar ini bertujuan memupuk semangat dan kreatifitas siswa dalam berwirausaha.

Tim panitia, Andi Putra Jaya mengatakan, jiwa dan kemampuan entrepreunership siswa diharap dapat tercipta melalui bazar yang dilaksanakan selama 2 hari ini.

"Siswa yang memiliki karakter wirausaha selalu tidak puas dengan apa yang telah dicapainya. Wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya." Kata Andi Putra Jaya.

menurutnya, Kewirausahaan merupakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya, bercipta, berkarya dan bersahaja demi meningkatkan pendapatan dalam kegiatan usahanya sesuai dengan tema bazar ini mewujudkan peserta didik yang mandiri, terampil, inovatif dan kreatif menuju Indonesia emas .

“Masing-masing kelompok merancang dan memproduksi sendiri produk usaha di bidang kerajinan, pengolahan dan budi daya, dan sekarang anak-anak sudah bisa membuat produk sendiri. Ada kaos, tas serut, makanan ringan, keripik dan kue-kue.” Ungkap Andi Putra Jaya.

Diungkapkannya, produk kewirausahaan siswa yang awalnya hanya dipasarkan di lingkungan sekolah, kini dipasarkan pula hingga ke luar sekolah. Pemasaran tersebut menjadi bagian dari tugas yang harus dilaksanakan para siswa di masing-masing kelompoknya.

"Para siswa menjual produk usahanya di kios sekolah dengan sistim ship sehingga tidak mengganggu belajarnya di kelas." Terang Andi Putra Jaya.

Salah satu siswa yang mengikuti program tersebut, Nurmalasari mengaku tertantang dengan program kewirausahaan yang digagas sekolah. Bersama teman-temannya yang tergabung pada kelompok usaha,ia membuat keripik dari biji buah nangka

“Karena kami dituntut membuat inovasi baru, makanya kami buat produk kemasan kripik makanan berbahan biji buah nangka.” Ujar Nurmalasari.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 3 Polewali, Burhanuddin Bohari menjelaskan, kewirausahaan sekolah merupakan program kementerian pendidikan yang menggelontorkan dana pinjaman bergulir yang dikelola siswa untuk berwirausaha.

"Kita melihat tidak semua siswa yang tamat bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, makanya kita merancang program kewirausahaan untuk memicu kreatifitas siswa berwirausaha." Tuturnya.

Laporan  :  Z Ramadhana.