Iklan


 

Pemprov Sulbar Rencanakan Sediakan Petani Bibit Kakao!

Senin, 12 Februari 2018 | 00:48 WIB Last Updated 2018-02-11T17:18:34Z
Gubernur Terima Kunjungan Direktur Proyek Program
Swisscontack
POLEWALITERKINI.NET – Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar tahun 2018 ini berencana membantu dengan memberikan bibit kakao (Coklat) kepada para petani tanpa membeli dari luar daerah.

Kebijakan ini mengingat Provinsi Sulawesi Barat merupakan salah satu penghasil kakao di Indonesia, khususnya di kawasan Indonesia Timur. Dengan demikian pemerintah betul-betul bisa membantu petani kakao.

Hal tersebut dikemukakan Gubernur Sulawesi Barat, saat menerima kunjungan kerja Direktur Bagian Program Swisscontack, Roos Jaax di ruang kerjanya.  Kamis, 1 Februari 2018 lalu.

Minimnya perawatan dari petani lanjut Gubernur, membuat kualitas kakao jadi menurun.   Dengan adanya sekolah pertanian kakao diharapkan  dapat meningkatkan kualitas SDM bagi petani dan para generasi penerus khususnya di bidang tanaman coklat.

"Saat ini, pendampingan petani akan selalu dilakukan pemerintah, terutama bagi tanaman  petani coklat yang  terserang penyakit dan  serangan hama." Kata Ali Baal Masdar.

Direktur Proyek Program Swisscontack, Ross Jaax mengungkapkan, kunjungan tersebut bertujuan membangun kerjasama yang baik dari pihak swasta maupun pemerintah setempat, demi peningkatan produksi kakao diberbagai daerah.

Terdapat beberapa kendala bagi tanaman kakao Sulbar yang dinilai sudah cukup tua, maka dibutuhkan peremajaan kembali bagi tanaman tersebut demi mendapatkan bibit yang diharapkan.

"Kerjasama yang masih terjalin selama 2 tahun diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas produksi kakao Sulbar ke depan, demi proyek yang lebih berkelanjutan. Kami sangat menghargai kerja sama dengan pemerintah daerah dimana Polman, Majene, Mamuju dan Mamasa masuk dalam  kawasan kerja kami.” Tandas Ross.

Kegiatan tersebut turut pula dihadiri Kepala Bagian Pertanian Sulbar, Abd. Waris. B, Kepala Sekolah SMK Negeri Kakao Sulbar, Sjahrir Tamsih, dan para rombongan Swisscontack.(*Istimewa).

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemprov Sulbar Rencanakan Sediakan Petani Bibit Kakao!

Trending Now

Iklan

iklan