Selasa, 01 Mei 2018

Julisman Bangga Lulus PNS di Kemenkunham RI
POLEWALITERKINI.NET –  Julisman, begitulah nama lengkapnya, pemuda asal Polewali, Polewali Mandar, ini  dinyatakan lulus tes CPNS Kemenkumham Sulbar pada akhir 2017 lalu. tak lama lagi Julisman mengikuti pra jabatan pada bulan Juli tahun ini.

Tapi ternyata, pria kelahiran 18 Januari 1990 ini punya kisah perjuangan hidup yang bak roller coaster, sebelum menjadi PNS, ia sempat bekerja serabutan. karirnya benar-benar dari nol, mulai dari penjual sayur, cleaning servis, mekanik bengkel hingga menjadi pengantar galon, ia mengenang begitu berat pekerjaan saat itu.

Namun dari sekian banyak pekerjaan digelutinya pengantar galon lah yang paling lama, Julisman bekerja selama 4 tahun lebih mengantar galon di depot air minum Aqil di jalan Kemakmuran Polewali, saat itu dirinya tak pernah membayangkan akan jadi PNS.

Alumni SMKN 1 Polewali ini mengaku mendaftar CPNS hanya sekedar mengadu nasib, setelah secara tak sengaja melihat baliho papan pengumuman pendaftaran CPNS Kemenkumham di depan kantor Balai Pemasyarakatan (Bapas) di Polewali.

"Kebetulan lewat depan kantor Bapas, terus saya lihat baliho pendaftaran, iya, saya coba coba masukkan berkas siapa tahu diterima." Cerita Julisman saat mendampingi korban dan pelaku kejahatan anak di SPKT Polres Polman.

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, maka tahapan selanjutnya Julisman diminta mengikuti tes Computer Assisted Tes (CAT) Kemenkumham di Mamuju, sehari sesudah hari pernikahannya dengan kekasih pujaan hatinya.

"Hari ini pernikahan besoknya saya ikut CAT di Mamuju." Ujar pemuda rupawan bertinggi badan 170 centi meter ini.

Tak berselang lama, pengumuman kelulusan pendaftar seleksi CPNS Kemenkumham dirilis, Julisman pun seakan tak percaya sebab ia dinyatakan lulus dari sekian ribu pendaftar, kabar menggembirakan itu baru ia ketahui setelah ditelpon oleh teman dekatnya.

"Kaget pak, dapat informasi dari teman, bahwa saya lulus, padahal saya tanpa pengurus dan tidak pernah bayar sepeser pun."  Tuturnya dengan Bangga.

Sebagai CPNS Kemenkumham Sulbar, kini Julisman magang di kantor Bapas Polewali, setelah itu akan ditempatkan di Kabupaten Mamasa, meski sebentar lagi akan menjadi PNS, Julisman mengatakan tidak akan melupakan suka duka masa lalunya.

"Bagi saya hidup itu hanya ada 2 pilihan mau dibawa ke hal positif atau negatif, terserah." Jelasnya, saat ditemui Senin 30 April 2018.
Laporan  :  Z Ramadhana.

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini