Selasa, 31 Juli 2018

Peserta PIFAF Dari Mancanegara Mulai Berdatangan
POLEWALITERKINI.NET – 6 Negara dipastikan hadir dalam Pelaksanaan Polewali Mandar Internasional Folk and Art Festival (PIFAF) 2018, yakni Latvia, Kroasi, China Taipe, Meksiko dan Polnadia.

Pelaksanaan pembukaan sesuai rencana. Rabu 1 Agustus hingga 6 Agustus 2018. Bagi masyarakat Polman dan Kabupaten lain bisa datang menyaksikan, berikut rangkaian jadwal acara.

1 hari sebelum open ceremony. Senin, 31 Agustus 2018 FIFA delegasi negara beserta PIFAF dijadwalkan tiba di Bandara Hasanuddin Makassar.

Rabu, 1 Agustus, pertemuan pimpinan grup untuk membahas program kegiatan PIFAF dirangkaikan dengan pertukaran cenderamata dengan pemimpin grup.

Setelah pukul 01.00 siang peserta akan menuju Sport Center untuk mengikuti upacara pembukaan opening ceremony yang dirangkaikan dengan karnaval dan peserta akan mengunjungi stand Polewali Mandar Expo ke VI 2018 dirangkaikan dengan penjualan souvenir dari peserta PIFAF.

Malamnya, peserta akan melaksanakan welcome dinner dengan Menteri Pariwisata, Gubernur Sulawesi Barat dan Bupati Kabupeten Polewali Mandar serta undangan VVIP lainnya di rumah jabatan bupati Polman.

Selanjutnya peserta akan menuju panggung utama PIFAF diare Sport Center dengan agenda pergelaran ekspresi seni budaya Nusantara penampilan dari Seni Yogyakarta, dan lokal.

Hari kedua, Kroasia, China Taipe, dan Mekxiko akan menuju Kampus Unasman untuk melaksanakan workshop. Latvia,Thailand, dan Polandia workshop di SMP Negeri 3 Pokewali Mandar.

Menuju panggung utama dengan penampilan dari negara Latvia,China Taipei, Meksiko, Indonesia dan Polandia bersama pagelaran seni budaya nusantara.

Selanjutnya panitia akan melakukan rapat evaluasi dan pemantapan rencana kegiatan pada esok hari antara Panpel PIFAF dan Tim Cioff di ruang rapat Hotel Lilianto, Polewali.

Hari ketiga, peserta kembali melaksanakan workshop di SMK Negeri 1 Polewali yang diikuti negara Meksiko, China Taipei, dan Kroasia. Sementara workshop di SMA Negeri 2 Polewali Mandar diikuti Thailand, Polandia, dan Latvia .

Setelah itu peserta akan menuju ke Kecamatan Campalagian untuk street dance di lapangan Gasrat. Malammnya, kembali menuju panggung utama dengan penampilan dari Negara Latvia, Thailand, Kroasia, dan Meksiko.

Hari kempat, Latvia, Polandia, dan Mexico menuju Kabupaten Majene. Kemudian persiapan pertunjukan seni di ruang terbuka performance outdoor Majene.

Sementara China Taipe, Kroasia, dan Thailand selanjutnya akan menggelar workshop di IAI DDI Polman dan selanjutnya menuju ke Kecamatan Binuang street performance.

Pukul 08.00 Wita, Kroasia, Thailand, China Taipei, Indonesia, dan Polandia kembali ke panggung utama.

Hari kelima, peserta menuju objek wisata pantai Palippis untuk games dan gathering, setelah itu kembali ke alun-alun dance street.

Perwakilan Indonesia menuju panggung utama dengan penampilan dan pagelaran seni ekspresi dan dilanjutnya akan dilakukan evaluasi.

Hari terakhir, penanaman pohon dan pelepasan tukik di Desa Lapeo. Pada pukul 08.00 Wita, closing ceremony PIFAF 2018 dirangkaikan dengan penyerahan cendramata kepada seluruh negara peserta  di panggung utama dan penampilan semua negara beserta sanggar seni dalam dan luar Sulawesi Barat.

Keesokan harinya, persiapan check out, pelepasan dan pemberangkatan peserta menuju bandara Sultan Hasanuddin Makassar sekaligus pelepasan secara resmi masing-masing peserta PIFAF.(***)

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini