Kamis, 02 Agustus 2018

Gubernur dan Sejumlah Pejabat dan Bupati Berkunjung
di Stand Polman Ekspo Ke III
Gubernur Sulbar dan Kepala BNI Foto Bersama
Dengan Pelaku UMKM
POLEWALITERKINI.NET – Tak mau ketinggalan, Bank Negara Indonesia (BNI) 46 Cabang Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ikut membuka stand bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya untuk memasarkan produknya di Polewali Mandar Expo ke VI.

Sekira sembilan pelaku UMKM yang berkedudukan di Polman diberikan ruang di tenda stand BNI Cabang Polewali, yang dilaksanakan di Area Sport Center, Polewali. Rabu, 01 Agustus 2018.

Pelaku UMKM di fasilitasi, yakni UMKM yang menjajakan produk lokal seperti minyak goreng mandar, Virgin Coconut Oil (VCO), kue tradisional kemasan seperti putu, golla Kambu, kripik, gula aren cair, dodol, dan kerajinan tangan berupa tas.

Kepala Cabang BNI Polewali, Friedson WNK mengatakan, BNI merupakan satu-satunya bank yang menjadi sponsorhip Polewali Mandar Folk and Art Festival( PIFAF) ke III, hal ini ditempuh demi mengenalkan BNI ke masyarakat luas.

"Kita menggandeng UMKM karena kami juga membiayai usaha kecil menengah yang menjadi tulang punggung ekonomi kerakyatan dan dengan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) diharapkan pertumbuhan ekonomi semakin baik." Terang Friedson.

Lanjutnya, di Polman Expo BNI juga mempromosikan layanan transaksi digital Your All Payment (YAP) yang tidak perlu menggunakan uang tunai, sehingga masyarakat tidak perlu repot membawa uang lagi.

"YAP ini mencegah peredaran uang palsu, dan mengajak masyarakat untuk menyisihkan pendapatannya." Jelas Friedson.

Selain itu, tim supporting BNI juga melakukan percepatan percetakan barcode Yap sehingga masyarakat dapat langsung bertransaksi tanpa uang tunai.

Stand UMKM BNI di Polman Expo yang berada tepat diperempatan jalan menuju panggung utama PIFAF sangat menarik perhatian pengunjung, bahkan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, Bupati Mamasa Ramlan Badawi, Bupati Majene, Fahmi Massiara, Anggota DPR RI Andi Ruskati, Ketua DPRD Polman Faridudin Wahid serta Kepala BKDD Sulbar Amujib menyempatkan diri berkunjung ke stand BNI ini.

"BNI memang luar biasa dalam membina UMKM, kita patut apresiasi." Kata Andi Ruskati Ali Baal yang juga istri Gubernur Sulbar ini.

Petugas Stand BNI di Polman Expo, Muhammad Ilham menerangkan, jumlah pedagang yang difasilitasi Bank BNI untuk ditenda utama berjumlah sembilan UMKM dan diluar tenda utama ada 13 UMKM yang bertindak sebagai merchant BNI sehingga masyarakat yang melakukan transaksi di stand yang difasilitasi BNI tersebut selain dapat melakukan transaksi tunai juga dapat melakukan transaksi pembayaran melalui aplikasi YAP cukup dengan melakukan scan barcode.

"YAP merchant BNI di Polman sudah 77 yang terpasang." Ujar Petugas Stand BNI di Polman Expo, Muhammad Ilham.

Dia menambahkan, untuk mendukung layanan juga telah disiapkan mobil BNI yang akan melayani informasi pembukaan rekening dan transaksi lainnya.

"Seperti menabung, transfer, dan tarik tunai." Singkat Muhammad Ilham.

Salah satu pelaku UMKM dari Desa Mombi Kecamatan Alu, Rusni Hasri menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bank BNI 46 Cabang Polewali yang telah memberikan fasilitas ruang pada pelaksanaan Polman Expo 2018.

"Kita sangat terbantu dan kami mengucapkan banyak terimakasih, untuk penggunaan transaksi aplikasi YAP karena kita sudah mendapatkan pelatihan." Kata Salah satu pelaku UMKM dari Desa Mombi Kecamatan Alu, Rusni Hasri.

produk lokal yang ia pasarkan yakni minyak VCO yang memiliki kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan, minyak goreng mandar yang bisa bertahan hingga dua tahun.

"Dan semua produk lokal itu tanpa bahan pengawet." Tandas Rusni.

Laporan  :  Z Ramadhana

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini