Minggu, 16 September 2018

LBH Bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa, BKM Mammesa
Pekkabata Sosilisasi Hukum
Tampak Ketua LBH - Sulbar, Abd. Kadir Menyampaikan
Materi Bantuan Hukum Gratis
Tampak Sukriwandi Membuka Acara Sosialisasi
POLEWALITERKINI.NET – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sulawesi Barat menggelar sosialisasi layanan bantuan hukum dalam rangka implementasi Undang-undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang bantuan hukum bagi warga tidak mampu di Lingkungan II Padaelo, Kelurahan Pekkabata, Kecamatan Polewali. Sabtu, 15 September 2018.

Ketua Divisi Investigasi LBH Sulbar, Sukriwandi.,S.H mengatakan, kegiatan ini berdasarkan amanat Undang undang dimana negara menjamin hak konstitusi setiap warga negara untuk mendapatkan pengakuan jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.

"Sebagai pemberi bantuan hukum kita menyampaikan tiga hal, yakni KDRT, Narkotika, dan Kekerasan Seksual Terhadap Anak. Materi ini kita berikan mengingat angka kejahatan seksual baik anak sebagai korban maupun pelaku cukup tinggi."
Kata Sukriwandi yang juga Advokat ini.

Menurut Sukriwandi, dalam kehidupan sosial kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) ini juga menjadi pemicu dimana ketidakrukunan dalam rumah tangga berpotensi membuat anak terkadang tidak nyaman di rumah.

"Sehingga anak akan mencari teman di luar dan mengarah kepada pergaulan bebas lalu terjerumus dalam mengonsumsi obat obatan terlarang." Ungkap Sukriwandi.,S.H.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pekkabata, Brigpol Mukhlis mengungkapkan sosialisasi ini memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang hak-hak masyarakat yang tersangkut masalah hukum untuk mendapat bantuan pendampingan hukum dari penasehat hukum secara gratis khususnya bagi masyarakt kurang mampu.

"Jadi kita harap masyarakat teredukasi tentang langkah-langkah pendampingan hukum, sehingga Bhabinkamtibmas dan Babinsa menggandeng LBH-Sulawesi Barat." Kata Bhabinkamtibmas Kelurahan Pekkabata, Brigpol Mukhlis.

Selain itu, Mukhlis menjelaskan kehadiran dirinya untuk memberi pemahaman kepada masyarakat terkait peran dan fungsi bhabinkamtibmas di Desa/Kelurahan dalam membangun kesadaran Hukum masyarakat dan menyelesaikan masalah yang ada ditengah masyarakat.

"Pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya hidup rukun dalam berumah tangga itu perlu demi membangun keluarga yang berkualitas." Ucap Brigpol Mukhlis.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua LBH Sulbar Abdul Kadir, Babinsa Kelurahan Pekkabata Serda Andi Sulaiman, Unsur BKM Mammesa Pekkabata, Sumadi dan Riadi, serta 30 orang masyarakat Lingkungan II Padaelo.

Laporan  :  Z Ramadhana.

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini