Senin, 01 Oktober 2018

Ketua Panitia Sukriwandi Membuka Acara Sosialisasi
Sosialisasi Menolak Isu Hoax Menjelang Pemilu
Usai Sosialisasi Peserta dan Pemateri Deklarasi
Menolak Hoax
POLEWALITERKINI.NET - Antisipasi maraknya informasi hoax di media sosial jelang Pemilihan Umum, Lembaga Bantuan Hukum Sulawesi Barat dan Lembaga Pengawasan Publik Amanah Pemuda Nusantara (Mandat) Sosialisasikan menolak hoax.

LBH dan Mandat menggelar sosialisasi dengan tema "Menolak adanya penyesatan black campain dan isu provokatif di media sosial dalam tahapan Pemilu".

Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan peserta dengan latar belakang berbeda-beda diantaranya organisasi masyarakat, organisasi mahasiswa serta lembaga lainnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula hotel Sinarmas Polewali. Sabtu, 29 September m2018 mulai pukul 08.00 Wita hingga pukul 12.00 Wita.

Dalam kesempatan tersebut pihak panitia menghadirkan 3 Narasumber, yakni Ketua KPID Sulbar Andi Rannu, Ketua LBH Sulbar Abdul Kadir, dan perwakilan Kominfo Polman, ketiganya memberikan penjelasan tentang penyebaran hoax hingga dampak hukum bagi pelaku hoax.

"Ganjaran hukum bagi pelaku penyebar hoax baik secara sengaja membagikan informasi yang sudah diketahui informasi tersebut tidak benar ataupun yang hanya sekedar membagikan dan tidak punya tujuan apa-apa, Undang-undang berlaku sama karena ketika sudah di Undangkan tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak tahu." Jelas Ketua LBH Sulbar, Abdul Kadir.

Ketua KPID Polman meminta kepada peserta untuk tidak asal membagikan informasi tanpa memastikan kebenaran informasi tersebut, ia juga mengungkapkan jika para pelaku hoax akan memanfaatkan momentum Pemilu sehingga masyarakat harus sangat bijak dalam bersosial media.

Ketua panitia penyelenggara, Sukriwandi menyampaikan, di era modern saat ini penggunaan teknologi informasi sudah menguasai sebagian besar masyarakat di seluruh dunia, dimana media sosial sudah menjadi tren baik pelajar semuanya sudah menggunakan teknologi informasi.

"Kemajuan informasi kedepan akan banyak berbenturan dengan regulasi dan aturan di Negara kita sehingga kita mengangkat tema ini terkait hoax dan isu-isu provokatif di media sosial untuk kita dengarkan secara bersama-sama penjelasan pemateri." Kata Ketua Panitia Sukriwandi saat membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Laporan  :  Z Ramadhana

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini