Jumat, 05 Oktober 2018

Wakil Bupati Polman Sambangi Pengungsi
di Posko Bazanas
Para Pengungsi Asal Sulteng Berada di Baznas Polman
POLEWALITERKINI.NET - Ratusan pengungsi korban bencana alam gempa bumi dan tsunami Palu – Donggala, Sulteng, mulai tiba di Kabupaten Polman, para pengungsi ini datang secara berkala di beberapa posko titik singgah di sepanjang jalur jalan poros.

Pemkab Polman pun menunjuk kantor sekretariat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai posko induk bantuan logistik dan titik singgah pengungsi untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanannya ke kampung halaman masing masing.

Wakil Bupati Polman, H.M Natsir Adam usai pelaksanaan ibadah sholat Jumat tampak langsung mengunjungi dan melihat para pengungsi, ada yang asal Lantora Polman, Belawa Kabupaten Wajo dan pengungsi tujuan Kabupaten Enrekang.

Ketua Baznas Polman, Nur Rachman mengatakan awalnya pihaknya hanya membuka posko amal bantuan sejak 5 hari lalu namun antusias masyarakat berkontribusi memberi bantuan sangat luar biasa sehingga posko amal dibuka 1 kali 24 jam.

"Karena terbersit kita punya hati nurani akhirnya kami berencana mengumpulkan barang sandang pangan, warga pun mengumpul tapi tidak tahu mau disalurkan kemana akhirnya larinya ke kami." Ujar Ketua Baznas Polman, Nur Rachman, saat ditemui. Jumat, 5 Oktober 2018.

Sekertaris Baznas Polman, Ustad Jamaluddin menuturkan, volume pengungsi korban bencana alam Sulteng, dari hari ke hari semakin bertambah, ia berharap pengungsi yang melintas dari arah barat menuju ke Sulsel dapat memanfaatkan fasilitas di posko induk.

"Sejak kami dipercaya jadi posko induk, maka dibentuklah tim terpadu untuk melayani pengungsi setiap saat." Ujar Ustad Jamaluddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Polman, Natsir Adam menjelaskan tim terpadu yang dibentuk di posko induk siap melayani segala kebutuhan pengungsi.

"Yang mau berobat silahkan, kalau ganti pakaian boleh di masjid, nanti ada tim tagana yang melayani kebutuhan pengungsi per individu." Kata Kepala Dinas Sosial Polman, Natsir Adam.

Laporan  :  Z Ramadhana.


PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini