Iklan


 

Indonesia Miliki Pohon Pisang Terbesar di Dunia, Besar Mencapai Ukuran Bayi Manusia

Rabu, 07 November 2018 | 17:48 WIB Last Updated 2018-11-07T09:55:53Z
Pisang Raksasa ini Berada di Pedalaman Papua
POLEWALITERKINI.NET - Indonesia menjadi salah satu Negara yang memiliki pohon pisang terbesar di dunia, namun tidak banyak yang mengetahui keberadaan dari pohon tersebut, bahkan warga pribumi sendiri.

Pohon pisang super raksasa ini tumbuh di daratan pedalaman Papua, tepatnya di Arfak – Papua bagian barat. Tumbuhan ini memiliki tinggi batang dapat mencapai tinggi 25 meter dan memiliki diameter patang kurang lebih hingga 2 meter.

Diameter pohon pisang raksasa di Papua tersebut setara dengan keliling pelukan dua orang dewasa yang melingkar. Daun pisang itu sendiri memiliki panjang sekitar 5 meter dengan lebar daun kurang lebih hingga 1,60 meter. Satu lembar daun bia untuk bungkus ratusan nasi lemak.

Menurut pendapat dari masyarakat Papua khusnya yang berdiam di Kabupaten Fakfak, mereka dapat melihat pohon pisang super tersebut dari pinggir jalan karena begitu tingginya pohon tersebut menjulang ke atas.

Dalam menyebut pohon pisang raksasa tersebut warga setempat menyebutnya dengan ungkapan Weyya, begitulah bahasa warga setempat terhadap pohon pisang tersebut.

Pisang raksasa atau “Giant Banana Papua Papua”, pisang tersebut memiliki nama lain yaitu “Pisang Musa Ingens”, pertama kali ditemukan di daratan tinggi Papua oleh Jeff Daniells pada tahun 1989.

Tumbuhan pisang raksasa ini hidup di dataran tinggi yang memiliki ketinggian antara 1000 sampai dengan 2000 meter diatas permukaan air laut.

Pohon pisang musa ingens ini sekali berbuah dalam satu pohon bisa berbobot mecapai 30 kg – 60 kg dengan tinggi pohon dapat mencapai ukuran 20 meter. Dan besar buah pisang ini bisa mencapai besar ukuran bayi manusia.

Hingga kini pohon pisang tersebut menjadi pohon pisang terbesar di dunia.(***)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Indonesia Miliki Pohon Pisang Terbesar di Dunia, Besar Mencapai Ukuran Bayi Manusia

Trending Now

Iklan

iklan