.

.

Rabu, 23 Januari 2019

Wakil Bupati Polman Hadiri Penamatan Quran
Usai Penamatan Wakil Bupati Foto Bersama
POLEWALITERKINI.NET - Tradisi khatam Qur'an di Tanah Mandar sudah digelar sejak ratusan tahun silam, bahkan ditandai dengan menunggangi sayyang pattuqduq. Kali pertama di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menarik karena melibatkan orang Lanjut Usia (Lansia).

Penamatan (Khatam) Qur'an yang disajikan oleh masyarakat Desa Katumbangan, Kecamatan Campalagian, Polman, berjumlah 32 laki-laki 27 perempuan berpakaian arab saudi dan mereka merata Usia lanjut (Lansia). Rabu, 23 Januari 2019.

Kepala KUA Campalagian, Khalik Rasyid, mengatakan, khatam Qur'an ini dilakukan sebagai bentuk syiar Islam dan penghargaaan bagi para lansia yang gigih belajar membaca al-Qur'an.

Meskipun usianya sudah lanjut, dan ini dapat menjadi inspirasi bagi umat Islam lainnya. Bahwa belajar al-Qur' an tidak mengenal usia.

Menjadi inspirasi bagi lansia untuk belajar mengaji adalah Kepala Dusun Barasse, i Kaco Faisal belajar mengaji di Mesjid Babul Jannah yang diajar langsung Hj. Nurhidayah Juara 1 Qariah Internasional di Malaysia pada tahun 2004.

Atas inspirasi bapak kepala dusun yang belajar mengaji kemudian diikuti oleh masyarakat lainnya. Membutuhkan waktu  6 bulan untuk  belajar membaca al-Quran dan sekitar 1,6 bulan untuk tamat membaca al-Qur'an.

Dalam sambutan Kepala Kantor Kemenag Polewali Mandar, Drs. H. Muliadi Rasyid, M.Pd mengatakan, apa yang kita lakukan ini dengan penamatan al-Qur'an massal Usia Lanjut merupakan sebuah terobosan dan pertama kali di Indonesia.

Pada kesempatan sama Wakil Bupati Polewali Mandar, HM.Natsir Rahmat menyampaikan apresiasinya yang sangat tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini dan semoga dapat dicontohi daerah lainnya.

Dia pun menghimbau kepada lansia yang sudah khatam al-Qur'an supaya tetap mengaji dan mengajak seluruh keluarga untuk mengaji bersama. Pada periode kedua AIM BeNaR  (Andi Ibrahim Masdar Bersama Natsir Rahmat) akan memberikan 100 bea siswa bagi penghafala al-Qur'an dan melahirkan 10.000 wirausahawan muda.

Acara ini dihadiri, Wakil Bupati, Kepala Kemenag Polman, Kepala KUA Campalagian, beberapa anggota DPRD Polman, Abd Manaf Idroes, Sahabuddin, mantan ketua DPRD Polman, Abdullah Tato, dan Kepala Desa Katumbangan.

Laporan  :  Achmad Gazali

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini