Iklan


 

Anak Kampung Asal Polman...! Menginspirasi anak Sabang Merauke di Ibu Kota Jakarta...

Rabu, 26 Juli 2017 | 22:44 WIB Last Updated 2017-07-26T18:05:36Z
sharing session
Anak Kampung Juga Bisa Bermimpi
Keinginan Semua Bisa Digenggam
Seperti Ini Dilakukan Mahasiswa Asal Polman di Ibu Kota
Para Siswa SMP Se-Merauke Dihadirkan
POLEWALITERKINI.NET - Sharing Session Alumni Penerima Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Kementerian Keuangan RI (Mata Garuda LPDP RI) bersama Anak Sabang Merauke  berjalan dengan lancar.

Kegiatan yang dilaksankan di ruang Integritas LPDP Kemenkeu ini dihadiri oleh anak Sabang merauke siswa(i) SMP, Mahasiswa pendamping anak sabang merauke, relawan, awardee dan Alumni LPDP. Senin, 24 Juli 2017.

Anak sabang merauke merupakan siswa-siswi SMP perwakilan daerah di Indonesia yang di hadirkan ke Jakarta selama tiga minggu untuk belajar dan mencari pengalaman sebagai bekal tambahan ilmu pengetahuan yang akan dibagikan didaerah masing-masing ungkap Rey salah satu kakak pendamping adik sabang merauke.

Kegiatan yang berlangsung selama tujuh (7) Jam tersebut tidak mengurangi semangat, tetapi justru memperlihatkan keantusiasan peserta dalam mendengarkan kisah-kisah inspiratif yang disampaikan, terbukti para peserta tidak meninggalkan lokasi sampe berakhirnya kegiatan dan sesakali mengacungkan tangan untuk bertanya dan bertepuk tangan ketika para kk inspirator (narasumber) tersebut menyampaikan prestasi yang telah di raihnya.

Pada sharing session ini, Kisah inspiratif pertama disampaikan oleh Hasan Bolong yang merupakan anak kampung asal Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, sekaligus ketua penerima beasiswa LPDP Kemenkeu RI Universiitas Negeri Jakarta.

Dia menceritakan bagaimana suka dan duka seorang anak kampung dalam menempuh pendidikan ke kota hingga akhirnya bisa menyelesaikan jenjang pendidikan Magister Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta dengan beasiswa.

Ia pun flashback pada saat menjadi siswa Madrasah Ibtidaiyah(MI) kesekolah dengan menggunakan sandal, pada saat menjadi siswa SMP N 2 Polewali, bagaimana ia mengayuh sepeda selama 3 tahun dibawah panas trik matahari ketika cerah.

Kedinginan ketika hujan juga dialami bahkan terkadang mendapat ejekan/tertawaan dari teman temannya yang kesekolah menggunakan fasilitas motor maupun mobil bersama orangtuanya, tetapi didalam hatinya ada keinginan kuat memberikan yang terbaik kepada kedua orang tuanya dan melalui pendidikan sehingga hal tersebut tak mematahkan semangat untuk mengayuh sepedanya dan berprestasi di sekolah.

Anak pertama dari tiga bersaudara ini menyadari bahwa sebagai anak yang terlahir dari keluarga kurang mampu, maka salah satau cara memberikan kebahagian kepada kedua orang tua adalah melalui pendidikan dan berpresatasi.

Selama menjadi siswa SMP, SMA dan Mahasiswa Strata 1, Purna Paskibraka ini berhasil mempertemukan kedua orang tuanya dengan para pejabat pemerintahan, pihak birokrasi sebagai undangan terhormat untuk menghadiri berbagai acara seperti pengukuhan, penamatan maupun wisuda.

Di Akhir sesinya mantan Komandan Provost Resimen Mahasiswa sat. 702 UNM ini berpesan kepada adik-adik bahwa sebagai anak kampung harus berani untuk bermimpi, salah satunya adalah bermimpi bersekolah tinggi karena pendidikan bukan hanya milik orang yang kaya tetapi pendidikan untuk semua orang bagi yang mau.

Adik- adik jangan pernah berhenti mengejar yang kamu impikan meski apa yang di damba belum ada di depan mata, dan pada saat kembali ke daerah jangan pernah menyombongkan diri atas apa yang telah di raih hari ini tetapi jadilah role model.

Jika engkau di puji jangan terbang dan jika engkau di caci jangan tumbang ungkap anak petani peraih nilai ujian nasional terbaik jurusan IPS SMANSA Polewali tahun 2009 tersebut.

Pada sesi selanjutnya, sharing session diisi oleh tella (Alumni LPDP LN), Jessica (Awardee LPDP UPI Bandung) dan di akhir sesi ditutup oleh Ratna Prabandari, Kadiv evaluasi penyaluran DKP LPDP ini mengajak kepada seluruh peserta untuk bersekolah menggunakan beasiswa dan menyampaikan berbagai macam beasiswa untuk siswa SMP hingga jenjang pendidikan Doktor yang secara keseluruhan menggunakan beasiswa full.
Penulis : Arham

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Anak Kampung Asal Polman...! Menginspirasi anak Sabang Merauke di Ibu Kota Jakarta...

Trending Now

Iklan

iklan