***...***

.

Rabu, 25 April 2018

Besok Operasi Patuh Siamasei 2018 Digelar
POLEWALITERKINI.NET – Besok Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Polewali Mandar, Sulawesi Barat, resmi memulai Operasi Patuh Siamasei terhitung selama 14 hari mulai. Kamis, 26 – 9 Mei 2018.   

Kasat Lantas Polres Polman, AKP Suhartono, SH, S.I.K mengatakan, Operasi Patuh Siamasei 2018 ini akan prioritaskan penindakan dengan tilang bagi seluruh pelanggar lalulintas yang ada di wilayah hukum polres polman.

Kata dia, ada 7 pelanggaran lalu lintas akan menjadi prioritas utama dalam penindakan dengan tilang, yaitu :
1. Pengendara sepeda motor tanpa menggunakan helm SNI baik yang mengendara maupun yang dibonceng.
2. Pengendara mobil tidak menggunakan safety belt (sabuk pengaman keselamatan) baik pengemudi maupun penumpang yang duduk disamping pengemudi.
3. Pengendara kendaraan bermotor yang melawan arus lalu lintas.
4. Pengendara kendaraan bermotor yang masih dibawah umur dan tidak memiliki SIM.
5. Pengendara kendaraan bermotor yang mabuk atau berkendara dibawah pengaruh alkohol.
6. Pengendara kendaraan bermotor yang melewati batas kecepatan.
7. Pengendara kendaraan bermotor yang berkendara sambil  menggunakan HP baik SMS atau Telpon dan pelanggaran-pelanggaran lalu lintas lainnya sebagaimana diatur dalam UU No. 22 tahun 2009

Tugas-tugas kepolisian yang kepolisian dalam penindakan pelanggaran lalu lintas ini akan diterapkan dengan perbandingan rasio, yaitu :
a. Preemtif dengan metode sosialisasi 25 %
b. Preventif dengan metode pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli 25 %
c. Repreif dengan metode penindakan pelanggaran lalu lintas dengan tilang 50 %

Operasi Patuh Polres Polman Siamasei 2018 dan Satuan Lantas sebagai leading sector dalam pelaksanaan akan bersinergi dan terpadu dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian tersebut baik dengan satuan-satuan fungsi dan polsek jajaran.

Bahkan Polres Polman akan bersinergi dan komunikasi dengan stakeholder-stakeholder terkait dan semua elemen masyarakat untuk mewujudkan situasi keamanan, keselamatan dan kelancaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Polman.

“Mudah-mudahan ini berimplikasi pada situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif menyambut Pilkada Bupati Kabupaten Polman 2018 dan bulan suci Ramdhan, dimana masyarakat dapat beribadah dengan Khusyu'.” Kata AKP Suhartono, SH, S.I.K.

Operasi Patuh Siamasei Polres Polman 2018 ini sesuai arahan dan penekanan dari Bapak Kapolres Polman kepada seluruh anggota Polres Polman dilaksanakan sebagai petugas yang Promoter secara profesional, prosedural dan proporsional.

“Laksanakan secara tegas dan humanis agar dapat berjalan sesuai dengan harapan kita semua, yaitu mewujudkan situasi yang aman, tertib dan lancar serta kondusif di wilayah hukum Polres Polewali Mandar.” Katanya.

Kasat Lantas Res Polman, AKP Suhartono, SH, S.I.K juga menyampaikan bahwa situasi aman, tertib dan lancar serta kondusif di wilayah hukum Polres Polman dengan pelaksanaan Ops Patuh Siamasei Polres Polman 2018 ini akan tercapai dengan dukungan semua stakeholder terkait dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat Polman itu sendiri.

“Mari kita secara sadar dan bertanggungjawab bahu-membahu dan bekerjasama mewujudkan keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Polman dengan tertib berlalu lintas serta yang paling utama adalah memohon perlindungan Allah Swt mudah-mudahan kita diberikan keselamatan dan kelancaran di jalan.” Kata Kasat Lantas Polres Polman, AKP Suhartono, SH, S.I.K.
Laporan  :  Sukriwandi

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini