Iklan


 

Danrem 132/Tadulako: Partisipasi Bencana 6.522 TNI, 2.028 Polri, Relawan dan Pemerintah!

Rabu, 10 Oktober 2018 | 21:32 WIB Last Updated 2018-10-10T13:48:32Z
Danrem 132/Tadulako, Kolonel Inf Agus Sasmita
POLEWALITERKINI.NET - Situasi Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah, saat ini mulai membaik dan berangsur-angsur aktivitas masyarakat menuju ke kondisi normal. Demikian disampaikan oleh Danrem 132/Tadulako, Kolonel Inf Agus Sasmita dalam rillisnya. Selasa (09/10/2018).

Kondisi ini lanjutnya tak terlepas dari partisipasi berbagai pihak untuk turut serta membangun dan mengembalikan wilayah tersebut seperti sebelum bencana.

“Secara keseluruhan, personel yang terlibat dalam penanggulangan bencana terdiri dari 6.522 orang anggota TNI dan 2.028 anggota Polri, selain itu banyak relawan yang terjun langsung di lapangan.” Kata Danrem 132/Tadulako, Kolonel Inf Agus Sasmita.

“Jumlah tersebut belum termasuk dari unsur-unsur pemerintah yang turut terjun langsung ke lapangan, dimana peran mereka dan para relawan, sesungguhnya sangat luar biasa dan heroik.” Tegas Agus Sasmita.

Sesuai data yang dilaporkan sampai dengan pukul 17;00 Wita, jumlah warga yang meninggal yang semula 2.002 orang bertambah menjadi 2.037 orang dan sudah dimakamkan seluruhnya.

“Dari jumlah tersebut, jenazah yang dimakamkan secara massal sejumlah 894 orang dan lainnya 1.068 orang diambil oleh pihak keluarga untuk dimakamkan.” Jelas Agus Sasmita.

“Sedangkan korban hilang yang terdata sampai hari ini masih 671 orang dan yang tertimbun 152 orang. Oleh karenanya kita masih akan meneruskan pencarian dengan harapan masih ditemukan yang masih selamat.” Sambungnya.

Menurut Alumni Akmil 1993 ini, dari 14 Rumah Sakit (RS) yang ada hanya 12 (RS) yang beroperasi, yaitu 9 (RS) di Palu, 2 (RS) Donggala, 1 (RS) Sigi serta 2 Rumkit Pelayanan TNI yaitu (RS) KRI Suharso dan Rumkitlap di Balaroa.

“Keberadaan Rumkit tersebut diharapkan dapat menampung pelayanan bagi 74.044 pengungsi, itupun jika memang mereka mengalami keluhan sakit ataupun memerlukan perawatan khusus.” Kata Agus Sasmita.

“terkait dengan aktivitas anak sekolah, dari 91 SMA, 128 SMP dan 495 SD yang sudah bisa beroperasional baru 2 SMA dan 1 SMP yang seluruhnya berada di Palu. Sedangkan menurut pengamatan belum ada SD yang beroperasi.” Sambungnya.

Demikian halnya dengan penunjang perekonomian, menurut Agus Sasmita, dari 8 pasar di palu, 16 pasar di Donggala dan 1 Pasar di Sigi yang  sudah beroperasional sejumlah 3 Pasar dan itu juga yang berada di Palu.

“Untuk daerah Donggala, kita sudah distribusikan logistik sebanyak 6 Sorti ke Desa Lende Kecamatan Balaesang Tanjung dan Desa Rano menggunakan Helly serta 4 truk ke Posko pengungsi sektor Kabupaten Sigi.” Jelas Agus Sasmita.

“Sedangkan untuk mendukung ketersediaan logistik, sampai hari ini kita sudah tambah dapur Lapangan di 6 Lokasi yaitu di Desa Dolo, Pasar Biromaru, Desa Lolu, Desa Sibalaya, dilapangan Madani Biromaru, dan Desa Ngatabaru.” Ujar Agus  menambahkan.

Secara keseluruhan, menurut Danrem 132/Tdl ini menegaskan bahwa sampai hari ini jajaranya yang berada dibawah kendalinya telah mengevakuasi 35 jenazah dan langsung dikuburkan secara massal. Mendistribusikan logistik ke 100 titik di Sigi, memindahkan tenda pengungsian ke lapangan Faqih Rasyid di Makorem 132/Tdl.

Hal lain membuka akses jalan kota Palu ke Kulawi, pendampingan dan pencarian korban di Balaroa dan Petobo, melaksanakan orientasi tanah longsor di Desa Tafae, dan memberikan pengobatan terhadap korban gempa di Kecamatan Balesang Tanjung, Desa Balaroa, dan Desa Lende.

“Terkait dengan tenda pengungsian, saat ini telah kita siapkan 64 tenda dan MCK di 3 titik yang dikendalikan oleh Dandim 1306/Donggala. Kita rencanakan lusa akan kita siapkan kembali 20 tenda dan MCK di 3 titik lagi Seluruhnya dalam ukuran besar, agar para pengungsi nantinya merasa nyaman.”
Pungkasnya.

Sumber : Penrem 132/Tdl

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Danrem 132/Tadulako: Partisipasi Bencana 6.522 TNI, 2.028 Polri, Relawan dan Pemerintah!

Trending Now

Iklan

iklan