Iklan


 

SMAN Matakali Gelar Festival Merdeka Belajar

Jumat, 08 Maret 2024 | 16:03 WIB Last Updated 2024-03-08T08:03:30Z

Peserta peraih piala di festival merdeka pelajar SMAN Matakali, Polman, Sulbar. (Foto : Ag/Suka).

PolewaliTerkini Net - POLMAN - SMA Negeri Matakali, Kabupaten Polewali Mandar menggelar festival merdeka belajar, gelar karya proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5), gerakan literasi, gerakan kembali sekolah dan SMANTA takraw cup disajikan di festival  ini. Kamis, 07 Maret 2024.


Gelar karya P5 tersebut dilaksanakan peserta didik kelas X sebagai hasil akhir pelaksanaan proyek dalam kurikulum merdeka belajar. P5 merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan nilai pancasila dalam sistem pendidikan.


Kepala SMAN Matakali, Lukman Ali mengungkapkan, P5 kurikulum merdeka adalah kegiatan kurikuler berbasis projek, dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter siswa sesuai dengan profil pelajar pancasila. 


"Disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan. Untuk gerakan literasi sekolah bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Polman dengan menerima kunjungan perpustakaan keliling." Terangnya. Jumat, 08 Maret 2024.


Selain itu, Lukman menjelaskan, pada festival merdeka belajar ini pula dicanangkan gerakan kembali sekolah dalam upaya mendorong anak umur sekolah yang putus sekolah untuk kembali bersekolah. 


"Guru dan tenaga kependidikan beserta seluruh peserta didik kelas XI dan XII ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini, untuk membeli hasil kegiatan proyek yang dilaksanakan seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri Matakali." Ucapnya. 


Acara yang berlangsung di halaman terbuka SMA Negeri Matakali ini dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah I Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar Roslina 


Dia berharap selain memenuhi kegiatan pembelajaran pada kurikulum merdeka, kegiatan ini juga bisa memberikan pengalaman tersendiri bagi seluruh peserta didik kelas X yang melaksanakan kegiatan tersebut.


"Kegiatan ini juga bisa memberi pengalaman tersendiri bagi seluruh peserta didik kelas X yang melaksanakan kegiatan." Ungkapnya. 


Turnamen sepak takraw antar SMP/MTs se-Kabupaten Polman di gelar festival merdeka belajar ini, juara I diraih SMPN 3 Campalagian, disusul juara II MTs Fathul Amin Matakali dan SMP Negeri Matakali sebagai juara ke- III.


Laporan : Ag/Suk.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SMAN Matakali Gelar Festival Merdeka Belajar

Trending Now

Iklan

iklan