***...***

Sabtu, 26 Oktober 2019


POLEWALITERKINI.NET – Latihan penanggulangan bencana alam Korem 142/Tatag, merupakan penjabaran dari  UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang tugas dan peran TNI diantaranya melaksanakan tugas Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang didalamnya melakukan bantuan penanggulangan bencana alam dan SAR bantuan kemanusiaan serta atas permintaan pemda setempat.

Hal tersebut dikatakan Danrem 142/Tatag, Kolonel Inf Eventius Teddy Danarto dalam amanatnya saat memimpin apel pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 142/Tatag TA 2019 di Desa Tamangalle,  Kecamatan Balanipa,  Kabupaten  Polman, Sulbar. Jum'at (25/10/2019).

Latihan penanggulangan  bencana yang mengusung tema "Kodim 1402/Polmas melaksanakan tugas bantuan kepada Pemda di Kabupaten Polman Tahun 2019 dalam rangka menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan" diikuti ratusan prajurit TNI dari Kodim jajaran 142/Tatag, Polri, SAR, BPBD, Tagana,  Manggala Agni,  Satpol PP serta Pramuka sakawira kartika Kodim 1402/Polmas.

Lebih lanjut dikatakan Danrem bahwa satuan TNI diharapkan memiliki kesiapsiagaan yang tinggi untuk mengantisipasi setiap kemungkinan bencana alam yang timbul di daerah sesuai dengan kemampuan dan kewenangan tugas TNI.

"Latihan penanggulangan bencana alam yang di laksanakan ini merupakan sarana bagi Dandim 1402/Polmas beserta para Perwira Stafnya selaku aparat pembina kewilayahan agar mampu merencanakan bantuan operasi menyelenggarakan penanggulangan bencana alam kepada Pemda secara profesional dan proporsional." Kata Danrem Dalam amanatnya.


Selanjutnya kepada Penyelenggara Latihan, saya tekankan agar latihan sesuai dengan dinamika di lapangan yang sesungguhnya, arahkan dan giring agar pelaku Latihan melakukan koordinasi, komunikasi, sinergitas hubungan Komandan dan Staf, Terutama dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait.

"Kepada seluruh peserta Latihan, agar memanfaatkan waktu yang relatif singkat ini untuk menghayati semua persoalan yang diberikan dalam skenario latihan, sehingga terbangun suasana latihan yang serius, laksanakan latihan ini dengan penuh rasa tanggungjawab." Tegasnya.

Sementara Dandim 1402/Polmas, Letkol Arh Hari Purnomo S.Hub.Int.,M.Han selaku Dansatgas PRC PB mengatakan, bahwa ini untuk melatih kesiapsiagaan personel kita dalam menghadapi dan mengatasi kemungkinan adanya bencana di wilayah kita.

Dandim mengatakan, latihan ini dinilai sangat penting, pasalnya selain untuk melatih kesiapsiagaan personelnya,  Juga untuk mengasah kemampuan serta profesionalisme sehingga prajurit semakin terbiasa dan tepat serta cepat dalam menyikapi perkembangan situasi di wilayah.

“Kita inginkan prajurit jajaran Kodim 1402/Polmas terbiasa dan dapat bertindak tepat, cepat dalam menyikapi setiap perkembangan situasi di wilayah.” imbuhnya.

Lulusan Akmil Tahun 2000 ini berharap, Kodim 1402/Polmas bisa lebih meningkatkan kemampuan dalam prosedur pengambilan keputusan taktis, yang didalamnya berisikan hubungan kerja antara Komandan dan Staf agar senantiasa siap setiap saat.

Kesiapannya itu meliputi, personel dan peralatan. Disamping itu, setiap anggota Kodim mampu merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi pemberian bantuan penanggulangan bencana alam kepada Pemerintah Daerah.

“Saya harap tujuan dari latihan ini dapat tercapai sesuai dengan tema latihan.” Ungkapnya.

Laporan : Zaenal

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini