Iklan

iklan

Dinsos Polman Segera Realisasikan Program Bantuan RTLH

Rabu, 20 Juli 2022 | 23:27 WIB Last Updated 2022-07-20T15:31:49Z

Salah satu rumah tidak layak huni di Desa Bunga-bung, Kecamatan Matakali, masuk dalam usulan prioritas untuk segara diintervensi pemerintah (Foto : Faskab RTLH/Kamaluddin)

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Program Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) atau bedah rumah yang melekat pada Dinas Sosial Kabupaten Polewali Mandar (Polman), bersumner dari anggaran APBD Kabupaten tahun 2022& segera terealisasi bulan Agustus. 


Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial, H. Azwar Jasin, ia mengatakan, bantuan bedah rumah yang bersumber dari APBD Kabupaten segera kita realisasikan bulan Agustus mendatang. 


"Kami saat ini sementara persiapan dan tentunya sudah membentuk Fasilitator Kabupaten (Faskab), Insya Allah Minggu ini kita upayakan verifikasi data di 16 kecamatan bisa rampung." Kata Azwar saat ditemui di Kantor DPRD Polman (19/07/2022).


Kepala Dinas Sosial Polman, Azwar Jazin Memberikan Keterangan Kepada Wartawan (Foto : Acho Metro)

Lanjut Azwar mengatakan laporan dari Faskab, katanya masih ada 2 kecamatan yang belum rampung, yakni matakali dan Polewali, selanjutnya untuk miinggu ini kita akan adakan pertemuan mengenai hasil dari Verifikasi.


"Tahun ini kita ada anggaran sekitar 3 Milyar untuk bantuan bedah rumah termasuk BOP nya Faskab, dan upah kerja tukang." Kata Kadis Sosial, Azwar.


Azwar menambahkan, bila mengacu pada target di juknis, angka nominal bantuan bedah rumah ini bervariasi antara 7.500.000 rupiah hingga 12.500.000 rupiah.


Menurutnya itu tergantung kebutuhan dari penerima manfaat yang akan diberikan bantuan, adapun untuk kewenangan itu diserahkan kepada Fasilitator Kebupaten. 


Kata Azwar, kita belum bisa tentukan kuotanya, namun jika nilai rata-rata Anggarannya sekitar 10 juta rupiah tentunya bisa mencapai 200 lebih rumah yang bisa mendapatkan Bantuan. 


Azwar juga menegaskan kita upayakan di setiap kecamatan dapat bantuan bedah rumah ini, namun tetap berdasar bagi mereka yang benar-benar layak menerima serta tentunya masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)." Ungkapnya.


Dia berharap sebagai Pemerintah dan perwakilan perpanjang tangan dari bapak bupati kita inginkan masyarakat kita yang memang rumahnya tidak layak huni, bisa kita bantu.


"Kita sih maunya semua kita tuntaskan namun karena anggaran terbatas makanya kita programkan secara bertahap dan insyaallah tahun depan kita upayakan bantuan ini tetap berjalan." Jelas Azwar.


Menurut Azwar tolak ukur program ini, untuk tahun depan ada pada tahun ini, karena Kegiatan ini baru pertama kali ada melekat di dinas sosial." Pungkas Mantan Kadis DPMD Polman tersebut.


Laporan : Acho Metro

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinsos Polman Segera Realisasikan Program Bantuan RTLH

Trending Now

Iklan

iklan