Iklan


 

PJ Bupati Polman Bersama Dandim Panen Jagung di Lahan Hanpangan

Selasa, 23 Januari 2024 | 14:06 WIB Last Updated 2024-01-23T06:06:53Z

Pj Bupati Polman bersama Dandim 1402 Polman, panen Jagung program Ketahanan Pangan Kodim 1402 Polman. (Foto : Dok Penerangan Kodim 1402).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan. Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Muhammad Ilham Borahima bersama Dandim Polman Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan. Lakukan panen perdana Jagung di lahan Ketahanan Pangan (Hanpangan) Kodim 1402 Polman, Jalan Mr. Muh. Yamin, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polman. Senin, 22 Januari 2024.


Pj Bupati Polman, Muhammad Ilham Borahima, menyampaikan. Program ketahanan pangan tanaman Jagung, yang dilakukan jajaran Kodim 1402 Polman, yang merupakan wujud kepedulian Dandim beserta jajarannya untuk mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional secara berkelanjutan. Demi bisa memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri, khusus di Kabupaten Polman.


"Terima kasih dan apresiasi kepada Dandim Polman yang sudah berhasil melakukan Program Ketahanan Pangan Jagung di Lahan milik Kodim 1402 Polman dan program ini terus dilanjutkan." Harapnya.


Dijelaskan Pj Bupati Polman. Untuk lebih dirasakan manfaatnya kepada masyarakat, sebaiknya program Ketahanan Pangan tanaman Jagung. Diperintahkan kepada para anggota Babinsa di setiap desa dan kelurahan untuk melakukan pendampingan pertanian terutama Jagung dan juga Padi. 


Sebab lanjutnya, kondisi lahan di Kabupaten Polman, sangat cocok untuk tanaman Jagung terlebih Padi. Apalagi tanaman Jagung, bisa memanfaatkan lahan pekarangan rumah warga yang tidak digunakan.


"Program Ketahanan Pangan menanam Jagung, sangat positif. Karena itu perlu melibatkan para Babinsa berkolaborasi dengan para aparat desa dan juga penyuluh pertanian di lapangan melakukan penanaman Jagung kepada masyarakat." Terangnya.


Pj Bupati Polman bersama Dandim 1402 Polman, panen Jagung program Ketahanan Pangan Kodim 1402 Polman. (Foto : Dok Penerangan Kodim 1402).

Sementara itu ditempat yang sama Dandim 1402 Polman, Letkol Sabar Panjaitan, menegaskan. Kondisi ancaman krisis pangan global saat ini, menjadi salah satu isu aktual dan hangat diperbincangkan baik ditingkat nasional maupun internasional. 


Karena kebutuhan pangan merupakan kekuatan setiap negara untuk memajukan negara di dunia. Sehingga jajaran TNI di Kesatuan Angkatan Darat, terus melakukan program-program Ketahanan Pangan. Bekerjasama dengan seluruh instansi terkait, baik pemerintah maupun swasta dalam menciptakan produksi berbagai ragam pangan.


"Ketahanan pangan ini tentu harus menjadi perhatian terutama dalam menghadapi isu global tersebut. Sehingga kami (TNI -red), terus melakukan dan melanjutkan program Ketahanan Pangan sebagai upaya memajukan bangsa dan negara." Tandasnya.


Ditambahkan Dandim Polman. Untuk melanjutkan program penanaman Jagung, di Kabupaten Polman, tidak khawatirkan. Karena sebagian besar masyarakat di Kabupaten Polman, mayoritas bermata pencaharian sebagai petani dan dikenal sebagai lumbung pangan Sulawesi Barat. 


Sehingga ke depan memberikan semangat dan motivasi masyarakat, untuk memanfaatkan lahan-lahan yang terbengkalai ditanami Jagung dan tanaman sayur-mayur lain. Untuk semakin berproduksi menambahkan penghasilan keluarga.


"Kabupaten Polman, yakin dan optimis tidak akan kekurangan pangan, terlebih apabila masyarakat mempunyai keinginan memanfaatkan lahan-lahan terbengkalai atau terlantar menjadi lebih produktif." Katanya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PJ Bupati Polman Bersama Dandim Panen Jagung di Lahan Hanpangan

Trending Now

Iklan

iklan