Iklan


 

Kejari Usut Penggunaan Dana Hibah KONI Polman

Kamis, 02 Mei 2024 | 10:01 WIB Last Updated 2024-05-02T02:02:04Z

Kasi Intel Kejari Polewali, Farid (Kiri), dan Kantor Kejari Polewali (Kanan). (Foto : Dokumentasi Wartawan Polman).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Kejaksaan Negeri (Kejari) Polewali bidik dugaan penyalahgunaan anggaran dana hibah Pemkab Polewali Mandar (Polman) ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Polman. 


Para ketua dan bendahara cabang olahraga (Cabor) di Polman dipanggil tim penyidik Kejari Polewali, mereka dimintai keterangan terkait penggunaan anggaran dana hibah KONI Polman. 


Diketahui, Pemkab Polman mengalirkan dana hibah ke KONI Polman sebanyak Rp. 5 Miliar di tahun 2022, kemudian ditambah Rp. 7,8 Miliar di tahun 2023.


Kasi Intel Kejari Polewali, Farid membenarkan bila pihaknya secara bertahap memanggil seluruh pengurus Cabor di Polman serta sejumlah pengurus KONI Polman untuk dimintai keterangan terkait kasus dana hibah tersebut.


"Seluruh pengurus Cabor kita panggil, termasuk beberapa pengurus KONI Polman, tapi ini baru tahap permintaan klarifikasi dalam kasus dana hibah." Ujarnya, saat ditemui di kantornya. Senin, 29 April 2024.


Sebelumnya, Bendahara KONI Polman, Rusdi mengaku semua penggunaan dana KONI Polman sudah diaudit oleh BPK, baik itu di tahun 2022 dan 2023.


Menurutnya, pembagian dana pembinaan tidak merata pada Cabor karena ada beberapa Cabor yang prioritas.


"Di tahun 2022 semua Cabor dapat, tapi di 2023 memang ada Cabor belum dapat anggaran, karena ada beberapa Cabor yang diprioritaskan dapat, misalnya membuat kegiatan olahraga yang menghadirkan orang banyak sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi daerah, termasuk Kapolres Cup dan Liga Desa." Paparnya. 


Menurut Rusdi, Cabor yang mendapatkan anggaran besar di 2023 diantaranya PSSI, Forki dan PBVSI, sedangkan Cabor yang tidak mendapatkan anggaran yakni renang, taekwondo, tinju dan panjat tebing. 


"Semua LPj keuangan KONI Polman itu sudah habis, itu termasuk pemberian insentif ke pimpinan dan wakil pimpinan." Tuturnya. 


Informasi yang dihimpun, Ketua Cabor di Polman mayoritas adalah pimpinan OPD Pemkab Polman, diantaranya cabor Pertina diketuai Husain Ismail yang juga menjabat Kepala Dinas PUPR Polman.


PBVSI diketuai Andi Nursami Masdar yang juga menjabat Kepala DPMPD Polman, cabor PBSI diketuai Azwar Jasin yang juga menjabat Kepala Dinsos Polman.


Cabor Perbasi diketuai Andi Masri Masdar yang juga menjabat Kepala Dispora Polman, cabor FPTI diketuai Budi Utomo yang menjabat sebagai Sekwan Polman.


Cabor PORDI diketuai Andi Rajab yang menjabat Kepala Disdikbud Polman serta cabor Taekwondo diketuai Dedi Irawan yang menjabat Kabid Sarpras Disdikbud Polman.


Laporan : Ag/Suk.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kejari Usut Penggunaan Dana Hibah KONI Polman

Trending Now

Iklan

iklan