*** GUNAKAN MASKER PADA TEMPATNYA , LINDUNGI DIRI, LINDUNGI SESAMA ***

Sabtu, 23 Mei 2020

Camat Matakali Saksikan Penyaluran BLT DD di Pasiang
Warga Desa Pasiang Menerima Bantuan Langsung
Tunai dari Dana Desa
POLEWALITERKINI.NET – Sebanyak 216 Kepala Keluarga (KK) di Desa Pasiang, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa.

BERITA TERKAIT : Kades Pasiang Ajak Warga Rembug Bahas BLT DD dan BST Kemensos RI

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) berlangsung di kantor Desa Pasiang tersebut menerapkan standar kesehatan Corona Virus Disease (Covid-19) dengan memakai masker dan jaga jarak. Jumat, 22 Mei 2020.

Kepala Desa Pasiang, Sitti Nurjannah mengatakan sebelum BLT dibagikan telah dibentuk relawan penanganan Covid, kemudian dari tim tersebut dipilih tiga pendata untuk mendata warga yang layak menerima BLT pada 4 Dusun di Desa Pasiang.

"Tapi ada masyarakat yang datang bawa kartu keluarganya, kemudian kita lakukan musyawarah desa bahwa ini data yang masuk di Pasiang melebihi kuota 216 KK." Ujarnya, saat ditemui di ruangannya.

Kendati demikian, kata Nurjannah, sebelum BLT dibagikan pihaknya telah memverifikasi data dari semua tim yang terlibat dalam pendataan penerima BLT, termasuk dari Kepala Dusun, BPD, pendamping program keluarga harapan (PKH) serta TKSK yang menaungi bantuan pangan non tunai ( PNT).

"Supaya tidak ada penerima ganda karena ini bantuan BLT tidak bisa lagi diberikan jika sudah terima bantuan lain seperti PKH dan BPNT." Tambahnya.

Menurutnya pencairan BLT DD untuk periode pertama seharusnya bulan April namun kendala pembahasan pada tingkat atas sehingga baru hari ini. Sementara untuk periode ke dua bulan 6 dan ke tiga bulan 7.

“Meski semua Dana sudah ada di Rekening Desa namun tidak semua dana ini bisa dicairkan 100 persen melainkan hanya 15 persen. Sehingga hari ini penyaluran dana di Desa Pasiang akan kita tuntas kan hingga malam.” Jelas Kepala Desa Pasiang, Sitti Nurjannah.

"Sementara ini saya pakai 216 KK, tapi ada dana cadangan 33 KK karena kita antisipasi jangan sampai ada warga baru yang terkena dampak ekonomi Covid ini." Terangnya.

Selain itu sudah ada 51 KK mendapat Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI. Sementara warga yang tidak pernah terdata di BLT, PKH, BPNT (Beras) tapi tidak mampu dan terdampak wabah Corona layak mendapatkan bantuan.

“Selain syarat di atas, warga penderita penyakit kronis tahunan seperti, buta, lumpuh, kanker juga berhak mendapatkan bantuan. Bahkan warga yang menjual ikan dengan roda dua ke Mamasa karena tidak bisa lolos  di perbatasan juga bisa mendapatkan bantuan ini.” Kata Kepala Desa Pasiang, Sitti Nurjannah.

Sementara itu Camat Matakali, Sulaiman Mekka mengatakan, penyaluran BLT di Desa Pasiang ini dihadiri oleh Ketua Tim gugus covid 19 Matakali, Hassani yang juga Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Polman.

Kata dia, BLT DD yang disalurkan di Desa Pasiang ini sudah lama ditunggu oleh masyarakat dan kita harapkan bisa selesai sebentar sore, dan untuk Kecamatan Matakalai sudah hampir semua selesai penyalurannya.

Laporan  :  Sukriwandi




PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini

INFO CORONA