Iklan

iklan

Bupati Tanggapi Pandangan Umum Fraksi PKB Tentang APBD 2021

Kamis, 07 Juli 2022 | 16:51 WIB Last Updated 2022-07-07T08:59:27Z

Rapat Paripurna Jawaban atau Tanggapan Bupati Polewali Mandar atas Pandangan Umum Fraksi- Fraksi DPRD Terhadap Rancangan Peraturan Kabupaten Polewali Mandar tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021, yang dipimpin H. Hamzah Syamsuddin Wakil Ketua II DPRD Polman (Foto : Acho Metro)

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Polewali Mandar (DPRD Polman) menggelar Rapat Paripurna Jawaban atau Tanggapan Bupati Polewali Mandar atas Pandangan Umum Fraksi- Fraksi DPRD Terhadap Rancangan Peraturan Kabupaten Polewali Mandar tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021, di ruang sidang paripurna. Kamis (07/07/2022).


Rapat Paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua II DPRD Polman H. Hamzah Syamsuddin yang turut dihadiri Sejumlah Anggota Dewan Polman lainnya. Juga Wakli Bupati Polman H. Natsir Rahmat, Forkopimda Kabupaten Polman, dan Para Kepala OPD.


Dalam tanggapan Bupati Polman yang dibacakan Wakil Bupati H. Natsir Rahmat, menyampaikan merujuk pada prosedur, tahapan dan mekanisme pembahasan suatu rancangan peraturan daerah sebelum nantinya disetujui bersama oleh bupati dan DPRD untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah, maka perlu kami sampaikan kepada kita semua bahwa bagi kami, tahapan penyampaian jawaban atas pandangan umum fraksi-fraksi dprd, merupakan salah satu tahapan penting yang sifatnya strategis dan menentukan bagi kelancaran pelaksanaan pembahasan tingkat selanjutnya.


Karena itu lnajutnya, tentu tidak berlebihan jika sejak awal dalam rangka menyikapi dan mengapresiasi hasil pandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Polewali Mandar tahun anggaran 2021, kami telah memberikan arahan kepada tim anggaran pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, agar dalam menyusun dan merumuskan formulasi jawaban atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD, benar-benar dilakukan secara cermat sesuai dengan konteksnya, yang meskipun uraian penjelasannya singkat dan sederhana, namun maknanya jelas dan mudah dipahami, serta tetap bersifat egaliter.


Selanjutnya perlu kami tegaskan kepada kita semua bahwa apa yang akan kami kemukakan pada kesempatan ini, pada prinsipnya adalah pokok-pokok pikiran yang sifatnya masih sangat makro, yang apabila dibutuhkan penjelasan secara tekhnis dan mendetail, dapat dibahas lebih lanjut dengan tim anggaran pemerintah daerah, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari yang kami sampaikan pada hari ini.


Lanjut, Bupati Polman menyampaikan melalui Wakilnya, sebagai pimpinan pemerintah daerah, kami patut menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya kepada pimpinan dan anggota fraksi, yang mana dalam rapat paripurna dewan yang terhormat, masing-masing secara tegas diawali oleh pimpinan atau perwakilan fraksi 1. fraksi golongan karya, 2. fraksi partai kebangkitan bangsa, 3. fraksi gerindra, 4. fraksi nasdem 5. fraksi pembangunan persatuan indonesia , yang menyatakan setuju dan menerima rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kabupaten polewali mandar tahun anggaran 2021 untuk dapat dibahas pada tingkat pembahasan selanjutnya.


Dalam rapat itu Fraksi demokrasi indonesia perjuangan menyatakan abstain, fraksi demokrat dan fraksi nurani sejahtera menyatakan menolak untuk dibahas pada tingkat selanjutnya sedangkan fraksi partai amanat nasional tidak menyampaikan pandangan umumnya, kami juga memberikan apresiasi karena ini merupakan esensi demokrasi dimana perbedaan pendapat dan pandangan merupakan hal yang lumrah dalam berdemokrasi." Terangnya.


Bupati Polman dalam paparannya terlebih dahulu menanggapi atau memberikan jawaban atas pandangan umum fraksi Golongan Karya yang menyoroti beberapa hal yang Kemudian dilanjutkan dengan jawaban atas pandangan umum Fraksi PKB.


Jawaban atas pandangan umum fraksi partai kebangkitan bangsa sebagaimana penjelasan bupati dalam rangka penyerahan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah polewali mandar tahun anggaran 2021.dan telah dipaparkan secara garis besar mengenai pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2021. yang secara ringkas terkait realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah. fraksi PKB yang menyampaikan beberapa masukan dan ditanggapi sebagai berikut :


1. kami sudah berupaya untuk menangani sampah secara profesional berhubung kondisi yang ada di TPA binuang sudah tidak kondusif maka kami sementara melakukan langkah langkah strategis dengan menyiapkan lokasi tpa baru yang berada di desa sattoko kecamatan mapilli dan hingga kini sudah berproses sampai dengan tahapan penetapan tata batas dari kementerian/lembaga yang berwenang

2. terkait dengan harapan untuk penambahan kuota rumah bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah atau bantuan rumah swadaya hal ini kami sependapat agar disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan ketentuan yang berlaku


3. kami sapendapat untuk lebih memperhatikan rekomendasi atau catatan-catatan yang diberikan oleh badan anggaran komisi komisi maupun fraksi-fraksi dalam rangka usaha bersama untuk meningkatkan kinerja pemerintah.

4. harapan dari pertanggungjawaban ini bisa diambil evaluasi-evaluasi yang nantinya bisa menjadi casar penentuan kebijakan ke depan khususnya dalam mekanisme penganggaran dan sasaran program kegiatan sehingga nantinya kinerja pemerintah kabupaten polewali mandar bisa menjadi lebih baik lagi ke depan kami sangat mengapresiasi hal tersebut dan tentunya mohon dukungan dan kerja sama pada lembaga yang terhormat ini.


Dan kemudian dilanjutkan Pembacaan tanggapan atau jawaban Bupati Polewali Mandar atas Pandangan Umum Fraksi- Fraksi DPRD lainnya.


Laporan : Acho Metro


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Tanggapi Pandangan Umum Fraksi PKB Tentang APBD 2021

Trending Now

Iklan

iklan