Iklan


 

Keprihatinan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara PUS Kondosapata

Jumat, 29 Desember 2023 | 13:33 WIB Last Updated 2023-12-29T05:34:02Z

Ketua AMAN Mamasa Thomas D


PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) adalah organisasi kemasyarakatan independen dengan visi mewujudkan kehidupan yang adil dan sejahtera bagi semua Masyarakat Adat di Indonesia.


AMAN bekerja di tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk mewakili dan melakukan advokasi untuk isu-isu masyarakat adat.


Masyarakat adat memiliki kedaulatan atas tanah dan kekayaan alam, kehidupan sosial budaya yang diatur oleh hukum adat, dan lembaga adat yang mempertahankan keberlanjutan kehidupan mereka sebagai komunitas adat.


Kabupaten Mamasa adalah kabupaten yang hidup dalam tatanan Ada' Tuo yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia. sehingga setiap persoalan kemasyarakatan di selesaikan dalam musyawarah.


Menyikapi kondisi saat ini di Mamasa, sehubungan dengan dikeluarkannya surat usulan penggantian PJ Bupati Mamasa oleh Pj. Gubernur Sulawesi Barat No.R/000/1301/2023 tertanggal 8 Desember 2023 yang ditujukan kepada Kemendagri telah menimbulkan gejolak di tengah tengah masyarakat Kabupaten Mamasa yang berpotensi munculnya perpecahan.


Dimana masyarakat Kabupaten Mamasa adalah masyarakat yang memiliki kemajemukan, maka AMAN Kabupaten Mamasa bersama lembaga adat Kabupaten Mamasa telah melaksanakan KOMBONGAN KALUA' ( MUSYAWARAH BESAR) yang pada intinya prihatin dengan kondisi sosial kemasyarakatan di Kabupaten Mamasa.


Ketua AMAN Kabupaten Mamasa periode 2022 - 2027, THOMAS D mengimbau kepada Pj..Gubernur Sulawesi Barat untuk meninjau kembali surat usulan tersebut. dimana hal itu tidak mewakili kemajemukan dan keberagaman di kabupaten Mamasa.


AMAN Kabupaten Mamasa juga menyampaikan Kemendagri untuk memperhatikan kemajemukan masyarakat Mamasa, demi terjaganya kondusifitas sosial kemasyarakatan di Kabupaten Mamasa.


Laporan : Ahmad Gazali

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keprihatinan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara PUS Kondosapata

Trending Now

Iklan

iklan