Iklan


 

Petani Gembira Harga Gabah Kisaran Rp. 8.800 Perkilogram

Minggu, 10 Maret 2024 | 12:03 WIB Last Updated 2024-03-10T04:04:13Z

Petani gembira, harga gabah kisaran Rp. 8.800 perkilogram di Kabupaten Polman. (Foto : Nadi).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Petani di Dusun Tumpiling, Desa Tumpiling, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat, sangat gembira harga gabah naik.


Naiknya harga gabah kisaran Rp. 8.800 rupiah Perkilogram dari sebelumnya Rp. 7.300 rupiah Perkilogram. Sehingga mendapatkan keuntungan lebih, pada saat panen bulan ini.


Seorang petani, Darwis, mengatakan, sangat gembira dan bersyukur di saat musin panen sekarang. Harga gabah berkisar Rp. 8.800 Perkilogram dibelikan pedagang.


Kata dia, dengan harga inj menutupi biaya pemeliharaan, pembelian pupuk dan obat-obatan organisme menganggu tanaman dan juga mendapatkan keuntungan lebih dibandingkan panen sebelumnya.


"Sudah sangat merasakan keuntungan lebih besar, dengan naiknya harga gabah saat ini sebesar Rp. 8.800 Rupiah Perkilogram." Ujarnya.


Dijelaskan Petani. Dengan naiknya harga gabah, sangat mengharapkan harga gabah tidak turun lagi setiap petani panen raya di Kabupaten Polman. 


Agar petani dapat meningkatkan penghasilannya, sekaligus mensejahterakan petani. Apalagi selama ini jatah Pupuk kelompok tani dibatasi pemerintah dan sulit mendapatkan pupuk bersubsidi di pasaran. 


Jika ada pupuk harga mahal dari pada Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah. Begitupula harga racun hama padi terus mengalami kenaikan harga.


"Semoga harganya gabah tidak turun selama petani setiap panen, agar petani dapat meningkatkan pendapatannya." Ujarnya.


Dipaparkan Petani, pada musim panen bulan ini, produksi gabahnya juga mengalami peningkatan dari panen sebelumnya. Dimana saat ini mengahasilkan 53 Karung dari sekitar satu hektar lahan persawahan miliknya.


"Produksi gabah juga meningkat pada musin ini, 53 karung." Katanya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Petani Gembira Harga Gabah Kisaran Rp. 8.800 Perkilogram

Trending Now

Iklan

iklan