***...***

.

Kamis, 21 Maret 2019

Peci Hitam, Ketua KPU Polman, Rudianto
dan Contoh Kertas Suara
POLEWALITERKINI.NET - Distribusi surat suara Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang dikabarkan mengalami keterlambatan, hal itu lantaran Informasi dari percetakan surat suara di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polman menyatakan bahwa ada keterlambatan bongkar muat bahan baku kertas di Pelabuhan, Makassar.

"Ternyata ada keterlambatan bongkar muat bahan baku surat suara, Info ini kami dapat dari percetakan surat suara PT. Adi Perkasa di Makassar." Kata Ketua KPU Polman, Rudianto, saat ditemui di rapat pleno terbuka penetapan daftar pemilih tambahan di Hotel Bumi Raya. Selasa, 19 Maret 2019.

Menurut Rudianto, pihaknya sudah mendapatkan info dari percetakan surat suara bahwa per tanggal 22 bulan ini surat suara sudah dicetak tapi kemudian melalui informasi lewat  grup aplikasi Whats App (WA) tersiar kabar ada penundaan.

"Kami masih menunggu info yang lebih akurat lagi seperti apa, tapi ini tadi informasi lewat grup WA khusus bidang logistik Pemilu." Jelas Ketua KPU Polman, Rudianto.

Selain itu, kata Rudianto, untuk mengantisipasi jangan sampai pihaknya kewalahan kehabisan waktu khususnya dalam pendistribusian surat suara maka diintruksikan menurunkan lebih awal logistik pemilu yang berada diluar kotak suara.

"Per hari ini sampai besok dan beberapa hari kedepan logistik pemilu yang berada di luar kotak itu sudah kami turunkan misalnya Id card untuk teman teman KPPS dan id card saksi." Ungkap Rudianto.

Dia menambahkan, semakin sempitnya waktu akan mempengaruhi kinerja KPU, sebab itu, pihaknya terus berupaya mencari solusi sehingga surat suara tidak terlambat didistribusikan.

"Apakah nanti ada penambahan tenaga sortir, kami terus berpikir untuk strategi yang terbaik, surat suara terlambat maka sedikit banyak  berpengaruh." Ujar Rudianto.
Dia juga mengakui saat ini KPU menghadapi persoalan kondisi keterlambatan surat suara di Provinsi Sulbar karena sedang mengalami penundaan percetakan.

"Kalau formulir belum bisa didistribusi karena formulir baru tiba kemarin dari percetakan, tapi dalam waktu dekat kami adakan penyortiran kemudian pengepakan." Terang Rudianto
Laporan : Achmad Gazali

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini