DIHARAPKAN UNTUK TETAP MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19


GUNAKAN MASKER PADA TEMPATNYA , LINDUNGI DIRI, LINDUNGI SESAMA

Senin, 01 Juni 2020

Wawancara Kepala Bidang Pendidikan dan Pengajaran,
Disdikbud Kabupaten Polman, Nurman An.,SPd.,MSi
POLEWALITERKINI.NET – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat, akan melakukan langkah awal atas kebijakan Pemerintah pusat guna menentukan kebijakan pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19.

Kebijakan pemerintah pusat ini tak hanya akan membuka sekolah namun juga akan melonggarkan mengenai kembalinya mal, pasar pada 15 Juni 2020 mendatang.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Disdikbud Kabupaten Polman, Nurman An.,SPd.,MSi mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat dengan seluruh korwil dan Satgas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) melalui video conference.

“Berdasarkan pemulihan ekonomi pada masa Pandemi pendidikan berada pada fase ke 3 yaitu Sekolah di buka tanggal 15 Juni 2020 mendatang. Ini hasil kesepakatan melalui rapat koordinasi dan Ibu Kadis sudah laporkan ke Bupati Polman.” Kata Kepala Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Disdikbud Kabupaten Polman, Nurman An.,SPd.,Msi.

Nurman An.,SPd.,Msi. Memberikan Keterangan Kepada Wartawan

Hanya saja lanjutnya, sekolah pada 15 Juni mendatang tidak melakukan proses belajar mengajar dengan menghadirkan siswa melainkan hanya tenaga guru dan Kepala Sekolah yang masuk untuk mempersiapkan penyelesaian administrasi.

“Tanggal 15 itu sekolah di buka tapi dengan ketentuan hanya guru dan Kepala Sekolah yang hadir, siswa belum dihadirkan. Guru dan Kepsek ini datang menyelesaikan segala administrasi persiapan penerimaan Raport pada tanggal 20 Juni 2020.”
Ungkap Nurman An.,SPd.,Msi.

Sementara untuk dan persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Disdikbud Kabupaten Polman menetapkan pada tanggal, 22 Juni 2020 mendatang untuk seluruh sekolah yang ada di Polewali Mandar.

Kata dia, terkait penerimaan siswa baru ini ada 2 metode, yakni penerimaan dilaksanakan secara dalam jaringan (Daring) maupun luar jaringan (luring).

“Jadi terkait dengan tekhnisnya itu ada 2 metode yaitu secara Daring dan Luring.” Jelas Nurman An.,SPd.,Msi.

Untuk Sekolah yang berada di Pelosok, pihak Disdikbud akan menyerahkan pada Merdeka Belajar hanya kita menghimbau jika tidak ada jaringan internet bisa melakukan dengan cara manual dengan membagikan formulir pada siswa dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Dia juga menyebut bahwa efektifnya siswa akan masuk sekolah berdasarkan kalender Tahun Ajaran baru 2020-2021 dimulai pada tanggal 13 Juli 2020 secara Nasional.

“Tapi pada 13 Juli 2020 mendatang bukan berarti anak-anak belajar dengan tatap muka, tapi dilihat dari situasi dan kondisi dengan masa Pandemi ini kita menunggu petunjuk bagaimana tugas Covid-18 pada tingkat Nasional.” Ujar Kepala Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Disdikbud Kabupaten Polman, Nurman An.,SPd.,Msi.

Dia menambahkan, bahwa pengumuman kelulusan siswa kelas 3 pada tingkat SMP rencananya pada tanggal 5 Juni 2020. Penentuan kelulusan ini tergantung dari sekolah karena tahun ini tidak ada ujian Nasional.

“Jadi tidak ada Ujian Nasional, yang dinilai raport kelas 7, 8 dan semester ganjil di Kelas 9 untuk SMP,p sebelumnya dan tugas tugas yang lain.” Tutup Nurman An.,SPd.,Msi.

Laporan  :  Sukriwandi

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini

INFO CORONA