GUNAKAN MASKER PADA TEMPATNYA , LINDUNGI DIRI, LINDUNGI SESAMA

Senin, 06 September 2021

  • September 06, 2021
  • Grup Media Bakri Centre

POLEWALITERKINI.NET - Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Polewali Mandar, akhirnya bersikap terkait polemik Pilkades serentak tahun 2021 Polman.

Surat pernyataan sikap tertanggal, 03 September 2021 yang ditandatangi oleh Ketua Darwis.,S.E dan Sekretaris Haidir, S.IP.,M.,M, ditujukan ke Bupati, Kepala Dinas PMD dan hari ini. Senin, 06 September 2021 diserahkan kepada pihak DPRD Kabupaten Polewali Mandar.

Ketua DPC APDESI Polman, Darwis.,S.E, saat melakukan jumpa pers membacakan 3 poin pernyataan sikap terkait polemik Pilkades serentak yakni,

1. Pengurus DPC APDESI Polman mendukung sepenuhnya proses tahapan Pilkades serentak tahun 2021 yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melalui panitia yang telah dibentuk.

2. APDESI mendukung sepenuhnya legislatif (DPRD) dan eksekutif (Dinas PMD) menguatkan aturan tentang proses Pemilihan Kepala Desa baik PERDA maupun PERBUP tanpa mengganggu tahapan dan perencanaan yang telah disusun oleh panitia sehingga pelaksanaan Pilkades tahun 2021 tidak dianggap cacat hukum.

3. APDESI menekankan agar Pilkades serentak tidak menyeberang ke tahun 2022 atau dilaksanakan sesuai rencana yang telah disusun oleh panitia Pilkades tingkat Kabupaten.

Menurut Darwis, langkah ini untuk mendorong pihak Legislatif dan Eksekutif agar Pilkades bisa berjalan dengan baik dan tidak cacat hukum.

"Sikap kita bagaimana meredam polemik ini sehingga APDESI berada di poros tengah dengan harapan tidak terjadi resistensi dalam pemilihan kades." Kata Ketua DPC APDESI Polman, Darwis.,S.E.

Dia juga berharap Pilkades serentak tidak menyeberang ke tahun 2022 karena merupakan kerugian bagi para panitia, salah satunya terkait pemutakhiran data

"Selain pertimbangan pemutakhiran data, juga lebih 300 bakal calon kades sudah mengeluarkan biaya dan ini patut dipertimbangkan." Ujar Darwis.,S.E.

Dia menambahkan, tak menyoal jika ada regulasi akan diperbaiki melalui revisi jika memang ada, hanya saja meminta Pilkades ini tetap terlaksana di tahun 2021 dan tidak menyeberang.

Laporan : Sukriwandi

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini

INFO CORONA