Iklan

iklan

Dishut Sulbar Salurkan 1,2 Miliar Dana Rehabilitasi Luar Kawasan

Sabtu, 30 Juli 2022 | 19:23 WIB Last Updated 2022-07-30T11:23:47Z

Petugas Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Barat Menyerahkan bantuan bibit kepada masyarakat Mumuju 


PolewaliTerkini.Net - Sulawesi Barat - Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan Program pengelolaan hutan, kegiatan pelaksanaan rehabilitasi diluar kawasan hutan Negara, yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran.2022. 


Sub kegiatan pembangunan penghijauan lingkungan diluar kawasan hutan Negara tersebut dilaksanakan di empat kabupaten dalam bentuk pengadaan bibit dengan nilai angggaran 1,2 M.


Kabupaten Pasangkayu dianggarkan bibit alpukat 7.000 batang , dan untuk Kelompok Tani (KT) Harapan Baru Desa Letawa dianggarkan bibit Durian 6.500 batang, Desa Sarudu Kab. Mamasa, dianggarkan bibit Pala 8.000 batang serta Kelurahan Lakahang, Kab. Mamuju dianggarkan beberapa bibit diantaranya bibit Alpukat 6.000 batang Pada Kelompok Tani Harapan Jaya yang berdomisili di Desa Kaukku .dianggarkan bibit Durian 6.000 batang.


Selanjutnya, Kelompok Manis Madu dan Galung, dianggarkan bibit Pala 4..000 batang, untuk Gapoktan Ahu Indah di Kabupaten Polewali Mandar, bibit rambutan 3.000 batang, KT Sisenga, Bibit Pala 3.500 batang, KT Ato dan KT Eran Batu Desa Batetangnga Kabupaten Polewali Mandar dianggarkan bibit Pinus 13.500 batang.


Nenny Tandi Rapak selaku Kepala BIdang Pengelolaan DAS dan Perhutanan Sosial Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Barat, menyampaikan bahwa pemilihan jenis bibit sesuai dengan keinginan masyarakat, yang pastinya masyarakat akan menanam dan memelihara dan tidak akan menebang pohonnya kelak dengan memanfaatkan buahnya.


Dia juga mengatakan, bibit tersebut akan di tanam di lahan kebun masyarakat, diluar kawasan hutan sesuai dengan kewenangan provinsi.


Lanjut, Nenny menjelaskan tujuan kegiatan jni untuk memulihkan dan meningkatkan daya dukung lahan di luar kawasan hutan dan untuk mengembalikan fungsi lahan.


Laporan : Acho Metro

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dishut Sulbar Salurkan 1,2 Miliar Dana Rehabilitasi Luar Kawasan

Trending Now

Iklan

iklan