Iklan


 

BPHN Mengasuh : LBH - Sulbar Ajak Pelajar SMP Hindari Anak Berbenturan Hukum

Sabtu, 25 Maret 2023 | 19:29 WIB Last Updated 2023-03-26T03:27:21Z

Abd. Kadir Bersama Sukriwandi dan Wakil Kepala Sekolah SMPN 6 Polewali melaksanakan kegiatan BPHN Mengasuh. Foto : Usman.

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Konsep program Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Mengasuh adalah merupakan program nasional yang digagas oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI melalui BPHN yang berangkat dari keprihatinan atas semakin maraknya kasus kenakalan dikalangan pelajar yang mengarah pada tidak pidana.

Hal ini ditengarai karena kurangnya tingkat pemahaman dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dikalangan pelajar. 


Sukriwandi Menyampaikan Kepada Para Pelajar Agar Sedini Mungkin Menghindari Jadi Pelaku dan Korban Dalam Tindak Pidana. Foto : Usman

Banyak pelajar yang tidak paham Pancasila sebagai dasar negara, bahkan urut-urutan silanya pun banyak yang salah, sangat berbeda jika dibandingkan dengan masa sebelum era reformasi, dimana sila-sila Pancasila menjadi hapalan di luar kepala yang wajib bagi setiap pelajar, mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA.


Maraknya tindak pidana yang terjadi dikalangan pelajar atau Anak Berbenturan Hukum (ABH), baik sebagai pelaku maupun sebagai korban nyaris menjadi konsumsi rutin yang menghiasi pemberitaan baik cetak maupun elektronik serta media online.


Lembaga Bantuan Hukum Sulawesi Barat (LBH-SULBAR) sebagai salah satu organisasi bantuan hukum yang telah terverifikasi/akreditasi oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia bekerjasama dengan Kemenkumham RI melalui Kanwil Kemenkumham Provinsi Sulawesi Barat, ikut serta dalam Program BPHN Mengasuh yang diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah Republik Indonesia. 


Peserta Dari Pelajar SMP Negeri 6 Polewali Mengikuti Kegiatan BPHN Mengasuh. Foto : Usman.

Kegiatan dimulai dari tanggal 20 Maret 2023 sampai dengan tanggal 14 April 2023 yang menyasar para pelajar pada tingkat SD, SMP dan SMA Program ini bertujuan untuk kembali menumbuhkan nilai-nilai Pancasila dikalangan Pelajar sebagai upaya untuk menjaga ketahanan bangsa, dimana Pelajar sebagai penerus perjuangan bangsa adalah merupakan tonggak utama dalam mempertahankan keutuhan NKRI yang kuat dan bermartabat. 


Hal yang harus disadari bersama, bahwa di Provinsi Sulawesi Barat khususnya Kabupaten Polewali Mandar, tingkat kejahatan yang terjadi dikalangan pemuda/pelajar terbilang tinggi dengan berbagai jenis kejahatan, sehingga hal ini tentunya patut untuk menjadi keprihatinan kita bersama dan perlu untuk mengambil peran aktif sebagai suatu upaya untuk meyelamatkan para generasi penerus perjuangan bangsa.


Tenpat pelaksanaan kegiatan BPHN Mengasuh dilaksanakan di SMP Negeri 6 Polewali yang berlokasi di Kelurahan Takatidung, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar pada hari Selasa tanggal, 21 Maret 2023. 


Lokasi ini adalah merupakan lokasi pertama yang menjadi titik pelaksanaan kegiatan, dimana dalam perencanaannya akan dilakukan di tiga titik dengan lokasi dan waktu yang berbeda.


Penulis : Direktur LBH SULBAR , ABD. KADIR, SH.,MH.


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPHN Mengasuh : LBH - Sulbar Ajak Pelajar SMP Hindari Anak Berbenturan Hukum

Trending Now

Iklan

iklan