Iklan


 

KPPS di Polman Tanam Pohon Sebanyak 9.534

Kamis, 25 Januari 2024 | 17:59 WIB Last Updated 2024-01-25T09:59:55Z

KPPS Desa Bumi Ayu, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman. Menanam pohon usai dilantik dan diambil sumpahnya. (Foto : Nadi).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Sebanyak 9.534 Pohon berbagai jenis ditanam Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se Kabupaten Polewali Mandar (Polman) usai mengikuti Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji sebagai penyelenggara pemilu 2024. Disejumlah tempat di Desa dan Kelurahan masing-masing. Kamis, 25 Januari 2024.


Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wonomulyo. Syahrul, menyampaikan. Selain pelantikan KPPS juga dilanjutkan penanaman pohon di lokasi pelantikan masing-masing secara serentak. Dimana sebanyak 5.709.898 bibit pohon ditanam  di 71.000 titik di wilayah Indonesia. Pada 5.741.127 orang KPPS untuk 820.161 TPS seluruh Indonesia. Termasuk di Kabupaten Polman, dengan 9.534 pohon.


"Keseluruhan yang ditanam KPPS sebanyak 5.709.898 bibit pohon, di 71.000 titik di wilayah Indonesia. Termasuk di Kabupaten Polman sebanyak 9.534 pohon, yang ditanam di daerahnya masing-masing." Sebutnya dihadapan awak media. Kamis, 25 Januari 2024.


Ditegaskan Anggota PPK Wonomulyo. Penanaman pohon dilakukan dengan menyadari Komisi Pemilihan Umum (KPU) tercetak banyak logistik pemilu berbahan baku kertas, memberikan dampak signifikan terhadap kelestarian alam. Oleh karena itu KPU memandang pentingnya penanam bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.


KPPS Desa Bumi Ayu, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman. Menanam pohon usai dilantik dan diambil sumpahnya. (Foto : Nadi).

Dimana total kertas dengan berbagai jenis untuk logistik pemilu 2024, sekitar 65.998 ton atau setara 65.998.000 kilogram kertas. Kebutuhan tersebut dapat diganti dengan menanam 5.709.898 bibit pohon. Makanya diharapkan setiap bibit pohon akan mengganti 11, 6 Kilogram kertas.


"KPU memandang pentingnya penanam bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Dimana total kertas dengan berbagai jenis untuk logistik pemilu 2024, sekitar 65.998 ton atau setara 65.998.000 kilogram kertas." Ujarnya.


Dilanjutkan Anggito PPK Wonomulyo. Berdasarkan 65.998.000 kilogram kertas, digunakan pada pemilu 2024. Maka apabila dihitung jumlah bibit pohon 5.709. 898 dikalikan 11,6 Kilogram adalah sama dengan 66.234.816 Kilogram atau 66.234 Ton. 


Jumlah tersebut hampir setara atau sebanding dengan kertas yang digunakan dalam pemilu 2024. Hal ini sebagai simbol rasa syukur kepada Allah Tuhan Yang  Kuasa. Rasa terimakasih kepada bumi dan ikhtiar reboisasi terhadap pohon yang berkontribusi untuk memenuhi logistik berupa kertas dalam pemilu 2024.


KPPS Desa Bumi Ayu, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman. Menanam pohon usai dilantik dan diambil sumpahnya. (Foto : Nadi).

"Ikhtiar reboisasi terhadap pohon yang berkontribusi untuk memenuhi logistik berupa kertas dalam pemilu 2024. Maka dilakukan penanaman pohon, dilakukan KPPS serentak seluruh Indonesia." Jelasnya.


Disampaikan Anggota PPK Wonomulyo, untuk penanaman pohon KPPS di Kecamatan Wonomulyo, sebagian besar ditanam di sekitar kantor Desa dan Kelurahannya. Merupakan lokasi terbuka hijau, termasuk baik lapangan sepak bola, taman kota, lokasi olahraga dan pasilitas pemerintah atau lembaga negara.


"Masing-masing PPS mengarahkan anggota KPPS untuk menanam pohon, sebagai Ikhtiar KPU. Kebanyakan ditanam di sejumlah kawasan terbuka hijau." Urainya.


Sementara itu anggota KPPS Desa Sidorejo Husain, menyebutkan. Penanaman pohon dilakukan di sekitaran kantor Desa Sidorejo, karena lokasinya merupakan kawasan terbuka hijau.


KPPS Desa Bumi Ayu, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman. Menanam pohon usai dilantik dan diambil sumpahnya. (Foto : Nadi).

Dimana masih membutuhkan pohon dan dirinya merasa bangga menjadi anggota KPPS pemilu 2024, sebagai sumbangsihnya terhadap bangsa dan negara. 


Semoga pemilu berjalan dengan aman dan lancar. Sebagai anggota KPPS akan setia pada aturan yang mengikat dan menjalankan tugas menyukseskan pemilu 2024.


"Kita tanam pohon disekitaran Kantor Desa Sidorejo, karena memang sekitaran Kantor desa sangat di butuhkan pohon lebih banyak, agar semakin hijau dan asri." Katanya.


Ditempat terpisah Ketua PPS Bumi Ayu, M Ichsan F, mengungkapkan. Untuk KPPS se Desa Bumi Ayu, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman, sebagian besar ditanam di pinggir Lapangan Sepak Bola Desa Bumi Ayu. 


Dimana untuk penanaman pertama anggota KPPS menyerahkan kepada Kepala Desa Bumi Ayu, untuk dimasukan ke dalam lubang tanah. Begitupula penanaman kedua anggota KPPS menyerah ke personil kepolisian Polres Polman, untuk dimasukkan ke lubang kemudian ditutup dan dilanjutkan seluruh KPPS.


"KPPS Desa Bumi Ayu tanam pohon di pinggir Lapangan Sepak Bola, yang dilakukan Kepala Desa Bumi Ayu, kemudian Personil Polres Polman dan secara bersamaan anggota KPPS menanam pohon." Jelasnya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KPPS di Polman Tanam Pohon Sebanyak 9.534

Trending Now

Iklan

iklan