Iklan


 

Menang 3-0, PS Polmas Juara Liga Tiga Sulawesi Barat

Minggu, 14 Januari 2024 | 18:28 WIB Last Updated 2024-01-14T10:28:13Z

 

PS Polmas juara Liga Tiga Sulawesi Barat, setelah tekuk PS Sandeq Polman. 3-0 dipartai final, di Stadion HS Mengga Sport Center Polewali. (Foto : Nadi).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Persatuan Sepak Bola (PS) Polmas, akhirnya Juara Liga Tiga Sulawesi Barat 2023-2024. Setelah menaklukkan PS Sandeq Polman, 3-0. Di Partai final Liga Tiga Sulawesi Barat, di Stadion HS Mengga Sport Center Polewali, Kelurahan Madatte, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Sabtu, 13 Januari 2024.


Dibabak pertama PS Polmas, dimotori Nerwin Alijas langsung memilih menyerang dari sisi tengah, melalui gelandang serang dan kedua sayap. Namun ketenangan lapisan pertahanan PS Sandeq Polman diakomodir Muh Sofyan Rias dan Muh Yusuf, mampu meredam serangan PS Polmas, hingga menit 31 babak pertama.


Dimenit 33 babak pertama pemain PS Polmas, nomor punggung 19, Yusripal. Berhasil memanfaatkan keadaan kemelut depan gawang, dengan melakukan tendangan keras kearah sisi belakang kiri gawang. Tidak dapat ditepis Kiper PS Sandeq Polman. Menyebabkan skor berubah menjadi 1-0 untuk kemenangan PS Polmas.


Keunggulan 1-0 PS Polmas, terus melakukan serangan. Dari sisi tengah melalui Abd Manji Munir dan Hendrawand. Sementara PS Sandeq Polman hanya mengandalkan serangan balasnya melalui sayap kanan. Tetapi selalu kandas. 


Dengan pengawalan ketat kedua bek PS Sandeq Polman, Andrian Insagi. Dan hingga berakhirnya babak pertama, tidak ada gol tercipta.


Di babak kedua, ketinggalan 1-0 PS Sandeq Polman. Mencoba memilih menyerang dari sayap kanan dan kiri. Namun selalu dipatahkan pertahanan PS Pomas. Dan kemahiran Kiper PS Polmas, Akbar, yang menipis tendangan jarak jauh PS Sandeq Polman. 


PS Sandeq Polman, yang aksi menyerang. Dimanfaatkan PS Polmas, untuk menyerang balik. Sehingga pada menit 63, pemain PS Polmas, nomor punggung 30, Hardianto, mampu melewati empat pemain pertahanan PS Sandeq Polman. Berhasil mengecoh Kiper, dengan tendangan sisi kana gawang. Tidak mampu ditepis Kiper PS Sandeq Polman, akhir tercipta gol kedua.


Ketinggalan 2-0 PS Sandeq Polman, mencoba meningkatkan serangan untuk memperkecil ketinggalan. Namun pada menit 66 babak kedua kesalahan dilakukan Kiper PS Sandeq Polman, Umar. Tidak mampu menipis tendangan pemain PS Polmas, Erwin Aljas. Menyebabkan bola mantul ke penyerang PS Polmas, Yusripal. Dan mudahnya mencetak gol, sehingga skor berubah menjadi 3-0.


PS Polmas juara Liga Tiga Sulawesi Barat, setelah tekuk PS Sandeq Polman. 3-0 dipartai final, di Stadion HS Mengga Sport Center Polewali. (Foto Nadi).

Menjelang berakhirnya babak kedua, PS Sandeq Polman, memilih peluang perkecil kedudukan. Setelah mendapatkan hadiah adu penalti, pada menit 47 namun tendangan nomor punggung 17, Lukman Al Hakim. gagal mengeksekusi yang arah bola di luar sisi kiri tiang gawang, meskipun Kiper sudah terkecoh, yang melomba ke arah kanan.


Hingga berakhir pertandingan babak kedua, yang dipimpin wasit Nasbir dibantu Asisten wasit satu, Abd Rajab dan Asisten Wasit Dua, Alimuddin. Tidak lagi gol tercipta sehingga PS Polmas, dinyatakan juara Liga Tiga Sulawesi Barat 2023-2024. Sekaligus mewakili Sulawesi Barat ditingkat Liga Tiga Nasional. Dan PS Sandeq Polman, menjadi juara Dua Liga Tiga Sulawesi Barat


Pelatih PS Polmas, Azkhar Darno,  mengatakan. Keberhasilan PS Polmas, meraih Liga Tiga Sulawesi Barat, tidak lepas semangat juang para pemainnya dan berkat doa para sahabat dan masyarakat pendukung PS Polmas. 


"Kita menang atas perjuangan pemain dan atas doa sahabat masyarakat pendukung PS Polmas." Jelasnya setelah melakukan konprensi pers di ruangan media center Liga Tiga Sulawesi Barat. Sabtu, 13 Januari 2024.


Dipaparkan Pelatih PS Polmas. Strategi yang diterapkan PS Polmas, pada final sama digunakan PS Sandeq Polman yakni 4-4-2. Namun dirinya sudah instruksi dua pemain penyerang PS Sandeq Polman, yakni Bento dan Aga. Untuk dijaga dan matikan pergerakannya, karena sangat berbahaya. 


Sehingga pemain dapat melaksanakan tugas mematikan pergerakan kedua pemain tersebut, membuat jalan pertandingan PS Sandeq Polman tidak dapat berkembang. Dan pemain PS Polmas menahan emosi dan tetap fokus menjalankan tugas memaafkan peluang yang ada, sehingga dapat memenangkan pertandingan.


"Strategi pola permainan menyerang sama digunakan, tetapi saya instruksikan dua pemain penyerang untuk dimatikan. Dan gelandang serang diganggu, agar tidak mengembangkan permainan." Ungkapnya.


Dilanjutkan Pelatih PS Polmas. Untuk menghadapi Liga Tiga Nasional, tetapkan strategi bertahan materi pemain yang ada. Dengan pertimbangan pemain yang sudah menyatu, ketimbang pemain baru, yang lama menyesuaikan di tim. Dimana biasanya permainan permainan tidak sesuai yang diharapkan.


"Pemain yang sudah ada dipertahankan untuk disiapkan di Liga Tiga Nasional, karena sudah menyatu dan kompak." Katanya.


PS Polmas juara Liga Tiga Sulawesi Barat, setelah tekuk PS Sandeq Polman. 3-0 dipartai final, di Stadion HS Mengga Sport Center Polewali. (Foto Nadi).

Dijelaskan Pelatih PS Polmas. Kompetensi Liga Tiga Sulawesi Barat, dari 12 club yang ikut memiliki materi pemain bagus. Baik materi pemain di Kabupaten Pasangkayu, Mamuju dan Kabupaten Polman. Membuat pertandingan semakin seru sepanjang liga.


"Liga Tiga Sulawesi Barat tahun ini, sudah banyak pemain bagus dapat diproyeksikan menjadi pemain bagus di tahun akan datang." Tuturnya.


Diuraikan Pelatih PS Polmas. Sulitnya club dari Sulawesi Barat lolos di Liga Tiga Nasional, partai berikutnya. Sehingga menghadapi Liga Tiga Nasional akan datang, dapatkan dukungan dana yang besar diantaranya biaya perjalanan dan sebagainya. 


Perlunya pemain harus mendapatkan bonus dan mengharapkan PS Polmas sama seperti club lain, yang sudah mengontrakkan pemain, pelatih. Sehingga bisa juara, apalagi club yang lolos di Liga Tiga sama-sama menggunakan kaki. Selama ini club di Sulawesi Barat, kekurangan  dana.


"Semoga PS Polmas mendapatkan dukungan dana yang dibutuhkan selama Liga Tiga Nasional berlangsung." Harapnya.


Sementara Manajer PS Polmas, Muhammad Zain, mengatakan. Saat ini segera berbenah diri, dengan melakukan penggalangan dana memanggil para Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan para pengusaha untuk menjadi sponsor PS Polmas.


"Sementara ini pembenahan finansial dari sponsor yang ada. Namun urusan pemain dipercayakan kepada pelatih, yang tidak bisa diganggu. Agar tetap kompak." Tandasnya.


Dipaparkan Manajer PS Polmas, dukungan ada beberapa perusahan yang 60 persen siap mendukung finansial dalam pertandingan Liga Tiga Nasional. Semoga perusahaan besar dapat konsisten dengan ucapannya untuk mendukung penuh PS Polmas.


"Sudah ada Lima perusahaan besar yang telah siap dukung 60 persen. Termasuk diantaranya kopi kapal api." Bebernya.


Ditambahkan Manajer PS Polmas, himbauan kepada masyarakat untuk memberikan kesempatan anak-anak sulawesi barat. Untuk meningkatkan karirnya, karena mereka butuh dukungan dari masyarakat untuk bangkitkan kembali sepak bola.


"Seluruh masyarakat Sulawesi Barat, untuk memberikan dukungan memberikan kesempatan anak-anak untuk kembali kebangkitan sepak bola di tanah Mandar." Tegasnya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menang 3-0, PS Polmas Juara Liga Tiga Sulawesi Barat

Trending Now

Iklan

iklan