Iklan


 

Rapat Permasalahan Penunjukan Ketua Pengurus Mesjid Wonomulyo

Jumat, 12 Januari 2024 | 17:31 WIB Last Updated 2024-01-12T09:31:10Z

Panit Binmas Polsek Wonomulyo Rapat Permasalahan Penunjukan Ketua Pengurus Masjid Besar Merdeka. (Foto : Humas Polres Polman).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Bertempat di Kantor Pemerintahan Kecamatan Wonomulyo, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Rapat pembahasan terkait permasalahan pemilihan Ketua Pengurus Masjid Besar Merdeka Wonomulyo. 


Dihadiri Sekretaris Kecamatan Wonomulyo, Alimuddin, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Wonomulyo, Sudiarto. Kapolsek Wonomulyo yang diwakili Panit Binmas Iptu Ridwa, Lurah Sidodadi, Azis Bande, Mantan Ketua Pengurus Masjid Besar Merdeka Wonomulyo, Muh Mabsyud Dahlan, Pejabat Sementara Ketua Pengurus Masjid Besar Merdeka Wonomulyo Ustadz Muhibuddin. Kamis, 11 Januari 2024.


Sekretaris Kecamatan Wonomulyo, Alimuddin, menyampaikan, berterimakasih kepada semua pihak yang sempat hadir dalam Rapat pembahasan terkait permasalahan pemilihan Ketua Pengurus Masjid Besar Merdeka Wonomulyo. 


Ini untuk mencarikan belum ada jalan keluarnya. Sehingga permasalahan yang ditimbulkan dapat diselesaikan, yang tidak lagi menimbulkan konflik di luar khususnya di lingkungan Masjid Besar Merdeka Wonomulyo.


"Rapat ini, untuk menyelesaikan permasalahan pemilihan Ketua Pengurus Masjid Besar Merdeka Wonomulyo. Agar tidak menimbulkan konflik." Sebutnya.


Hal sama disampaikan Kepala KUA Kecamatan Wonomulyo, Sudiarto, mengatakan. Dengan diadakannya rapat, sangat berharap dapat langsung menunjuk ketua pengurus, yang nantinya akan diberi tugas menunjuk pengurus pengurus lainnya.


"Keputusan rapat dapat mengakhiri permasalahan pemilihan ketua pengurusan Masjid Merdeka Wonomulyo." Katanya.


Sedangkan pejabat sementara Ketua Masjid Besar Merdeka Wonomulyo, menyampaikan. Penunjukan dirinya sebagai pejabat sementara atau karateker Ketua pengurus Masjid Besar Merdeka Wonomulyo atas penunjukan mantan Camat Wonomulyo Sulaeman Makka. 


Karena melihat masa jabatan pengurus yang lama sudah habis. Dan tidak ada pihak yang bertentangan, hanya saja sebut ada dua pihak yang peduli dengan kelangsungan Masjid Merdeka Wonomulyo.


"Dirinya ditunjuk oleh mantan mantan Camat Wonomulyo, untuk menjadi. Karena melihat kepengurusan sudah habis." Urainya.


Panit Binmas Polsek Wonomulyo Rapat Permasalahan Penunjukan Ketua Pengurus Masjid Besar Merdeka. (Foto : Humas Polres Polman).

Sementara Mantan ketua Masjid Besar Merdeka Wonomulyo, Muh Mabsyud Dahlan menjelaskan. Permasalahan yang timbul karena adanya penunjukan ketua tanpa ada musyawarah dari jemaah masjid. 


Sehingga disarankan sebaiknya langsung melakukan menunjuk siapa yang menjadi ketua. Melalui rapat yang dilaksanakan saat ini. Dan bilamana ada pemilihan maka akan ada pihak pihak yang bertentangan.


"Menjadi masalah adanya penunjukan tanpa adanya musyawarah, disarankan adanya musyawarah." Katanya.


Kapolsek Wonomulyo, AKP Sandy Indrajatiwiguna diwakili Panit Binmas Polsek Wonomulyo, IPTU Ridwan, mengungkapkan. Permasalahan yang terjadi seharusnya tidak terjadi.


Apabila sebelum masa kerja pengurus masjid akan habis sebaiknya diadakan rapat internal membicarakan penunjukan ketua. Kemudian dilaporkan ke pemerintahan kecamatan.


"Semestinya duduk bersama bicara persoalan yang terjadi, yang di selesaikan secara internal." Tegasnya.


Dijelaskan Panit Binmas Polsek Wonomulyo. Sebaiknya diadakan musyawarah yang melibatkan semua unsur dan menunjuk Ketua Pengurus dan dibuatkan skep oleh Camat.


"Musyawarah yang dilakukan  melibatkan unsur yang nantinya menunjuk Ketua " Jelasnya.


Ditempat yang sama Lurah Sidodadi, Azis Bande, mengungkapkan, menanggapi dari pertemuan, sebagai warga Sidodadi. Sekaligus Lurah merasa prihatin dengan adanya permasalahan yang beredar.


Masalah ini tentang pemilihan ketua pengurus Masjid Besar Merdeka Wonomulyo seharusnya tidak terjadi. Dan perlunya di buatkan yayasan khusus Masjid untuk kedepannya bisa mengurus masalah anggaran yang ada di masjid.


"Ke Depan harus ada yayasan di Masjid, yang nantinya mengatur dananya." Sebutnya.


Dari rapat pembahasan permasalahan ditemukan hasil kesepakatan, yakni Ustadz Muhibbuddin Rasyid, ditunjuk sebagai Ketua Pengurus Masjid Besar Merdeka Wonomulyo. Sekaligus Ketua Tim Formatur yang berhak menunjuk pengurus pengurus pada periode 2024-2027. 


Kemudian nantinya akan dibuatkan Skep penunjukan Camat Wonomulyo. Sekaligus Skep Formatur Pengurus Masjid Besar Wonomulyo.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rapat Permasalahan Penunjukan Ketua Pengurus Mesjid Wonomulyo

Trending Now

Iklan

iklan