Iklan


 

Komunitas Trail Bersama Dandim Polman Tinjau Hutan Kritis

Jumat, 12 Januari 2024 | 19:21 WIB Last Updated 2024-01-12T11:21:26Z

Komunitas Trail bersama Dandim Polman, tinjau hutan kritis pasca kebakaran hutan dan lahan. (Foto : Penerangan Kodim 1402 Polman).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Komandan Kodim 1402 Polewali Mandar (Polman), Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan. Didampingi Danramil Polewali dan sejumlah pecinta motor trail dari komunitas K-TRAC Polman, sasar pegunungan Kecamatan Binuang dan Anreapi, Kabupaten Polman. Sabtu, 06 Januari 2024.


Dandim 1402 Polman, Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan, menyampaikan, untuk meninjau kawasan hutan kritis pasa Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), memilik rute di Kecamatan Binuang dan Anreapi, Kabupaten Polman.


"Sengaja kita pilih rute kecamatan Binuang dan Anreapi karena pasca El Nino lalu, ada beberapa titik kebakaran lahan dan hutan produksi di wilayah tersebut." Ungkap Dandim Polman.


Tegaskan lulusan Akmil 2003 itu, berharap Agar hutan produksi segera dilakukan reboisasi, agar hutan menjadi hijau kembali. Karena titiknya tidak jauh dari pemukiman warga, tanaman buah semacam durian sangat baik untuk menghijaukan kembali.


"Kita lihat ketika hujan sehari saja, sungai sudah meluap bahkan beberapa wilayah terendam banjir." Ujarnya.


Menurutnya, Karena titiknya tidak jauh dari pemukiman warga. Tanaman buah semacam durian sangat baik untuk reboisasi. Utamanya daerah yang sudah mengalami penggundulan. 


Apalagi lanjutnya, beberapa titik lahan warga sudah menanam jagung, yang sangat baik untuk membantu mewujudkan swasembada jagung. Di tahun 2024 yang sudah ditargetkan bapak presiden melalui kementerian pertanian.


"Untuk titik berdekatan pemukiman warga, sebaiknya ditanami durian. Menghijaukan kembali kawasan hutan." Tandasnya.


Diuraikan Dandim 1402 Polman. Kawasan hutan produksi yang terbakar saat El-Nino November dan Desember 2023 lalu, perlu perhatian semua lapisan masyarakat.


Komunitas Trail bersama Dandim Polman, tinjau hutan kritis pasca kebakaran hutan dan lahan. (Foto : Penerangan Kodim 1402 Polman).

Bagaimana menghijaukan kembali, termasuk lahan milik warga yang tidak terawat dengan baik. Sehingga alangkah baiknya ditanami tanaman keras semacam durian dan alpukat.


"Perlu keterlibatan lapisan masyarakat untuk bersama hijaukan hutan produksi yang terbakar." Bebernya.


Ditanya mengenai penebangan liar dikawasan hutan, Mantan Danyon Zipur 8 SMG. Tidak melihat adanya aktifitas penebangan liar, yang ada hanya hamparan kebun durian dan jagung milik warga. 


"Hari ini tidak temukan penebangan liar, berharap di wilayah lain juga tidak ada. Karena pasti akan kami tangkap." Tegasnya.


Ditambahkan Dandim Polman. Patroli di wilayah teritorialnya, akan terus dilakukan untuk menghimbau masyarakat yang ada di pegunungan dan sekitar kawasan hutan. Agar gemar menanam pohon untuk menghijaukan kembali terutama daerah yang rawan longsor.


"Kami jajaran Kodim Polman, akan patroli sekaligus mengajak warga menanam pohon." Tandasnya. 


Sementara Kepala Desa Kunyi, Andri, menyampaikan. Terima kasih atas kunjungan Dandim 1402 Polman bersama rombongan di desanya. 


"Terima kasih Pak Dandim, Suatu kehormatan bagi kami bersama masyarakat sudah dikunjungi." Ucapnya.


Dijelaskan Kades, bersama Babinsa sudah memberikan edukasi kepada masyarakat, agar melakukan penanaman pohon di daerah yang gersang. Termasuk dibeberapa titik yang terbakar saat kemarau kemarin.


"Edukasi terus menerus kepada masyarakat, tidal melakukan penanaman pohon di daerah gersang." Harapnya


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Komunitas Trail Bersama Dandim Polman Tinjau Hutan Kritis

Trending Now

Iklan

iklan