Iklan


 

Puluhan Hektar Padi Terserang Hama, Petani Terancam Gagal Panen

Minggu, 25 Februari 2024 | 14:16 WIB Last Updated 2024-02-25T06:27:27Z

Puluhan hektar tanaman Padi di Desa Tonrolima, Kabupaten Polman. Terserang Hama, menyebabkan Petani terancam gagal Panen. (Foto : Nadi).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Puluhan hektar tanaman padi, siap panen, terserang hama ulat penggerek batang di Dusun Labasang, Desa Tonrolima, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Menyebabkan petani terancam gagal panen.


Seorang Petani, Gani mengatakan, tanaman padinya di lahan persawahan di Desa Tonrolima, Kabupaten Polman, terserang hama ulat penggerek batang, menyebabkan puluhan hektar tanaman padi siap panen mengalami buah padi dalam kondisi putih dan tidak berisi. Membuat petani merugi, jika terus meluas.



"Akibat serangan hama ulat penggerek batang, ini membuat petani terancam gagal panen. Lantaran buah padi putih dan tidak berisi." Sebutnya.


Dijelaskan Petani, tanaman padi terserang ulat, terpaksa berusaha mencabut satu persatu buah Padi yang mulai putih di pohon. Itu setelah di makan ulat penggerek batang, karena serangan buah padi menjadi hampa tidak berisi butiran Gabah.


Puluhan hektar tanaman Padi di Desa Tonrolima, Kabupaten Polman. Terserang Hama, menyebabkan Petani terancam gagal Panen. (Foto : Nadi).

"Iya semua tanaman Padi, terserang hama langsung dicabut buah padi di lahan persawahan." Ungkapnya.


Dilanjutkan petani, kondisi tanaman padi, yang terserang hama diperkirakan dalam satu petak sawah hanya menghasilkan sekira 10 karung saja, bandingkan hasilnya dalam kondisi tidak terserang hama menyampai 26 karung lebih.


"Lantaran lebih banyak buah putih dari pada yang berisi, hasil panen paling banyak 10 Karung dari biasa sekira 26 karung. Itu dalam keadaan tidak terserang ulat penggerek batang." Jelasnya.


Ditambahkan Petani, sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah setempat, dengan memberikan obat-obatan pestisida. Agar tanaman Padi tidak terserang hama, sehingga pertumbuhannya semakin membaik tumbuh normal mengeluarkan buah lebih banyak.


"Butuh bantuan pemerintah untuk mencegah penyebaran hama tidak semakin meluas, dengan melakukan penyemprotan menggunakan pestisida." Tandasnya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Puluhan Hektar Padi Terserang Hama, Petani Terancam Gagal Panen

Trending Now

Iklan

iklan