Iklan


 

Abrasi Pantai Mampie Polman, Rumah Sahabat Penyu Terancam Roboh

Minggu, 24 Maret 2024 | 23:46 WIB Last Updated 2024-03-24T15:48:21Z

Ketua Komunitas Sahabat Penyu, Muhammad Yusri berada di Kawasan Konservasi Rumah Sahabat Penyu, di Mampie, Kabupaten Polman. Terancam roboh, akibat Abrasi pantai. (Foto : Nadi).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Abrasi pantai yang terjadi dalam setahun terakhir ini, berdampak di pesisir pantai Dusun Mampie, Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar).


Kondisi ini menyebabkan kawasan konservasi komunitas Rumah Sahabat Penyu terancam roboh, meskipun pengelola Rumah Sahabat Penyu sudah beberapa kali membuat tanggul penahan ombak laut. Dalam bentuk karung berisi pasir disusun di depan lokasi Rumah Sahabat Penyu.


Ketua Komunitas Sahabat Penyu, Muhammad Yusri, mengatakan. Kondisi abrasi pantai yang terjadi, dengan deras ombak laut menerjang Rumah Sahabat Penyu.


Kawasan Konservasi Rumah Sahabat Penyu, di Mampie, Kabupaten Polman. Terancam roboh, akibat Abrasi pantai. (Foto : Nadi).

Situasi itu menyebabkan penyangga Rumah Sahabat Penyu hilang sehingga terancam roboh, yang posisi sekarang sudah miring dengan tanah Rumah Sahabat Penyu berdiri, terus terkikis terbawa arus dan ombak ke laut.


"Beberapa tiang penyangga Rumah Sahabat Penyu hilang dan tergantung, akibat selalu diterjang ombak laut. Membuat posisi Rumah Sahabat Penyu terancam roboh." Ungkapnya.


Dijelaskan Ketua Komunitas Sahabat Penyu, kondisi Rumah Sahabat Penyu terancam roboh, akibat abrasi pantai. Sangat mengharapkan Pemerintah Kabupaten Polman.


Kawasan Konservasi Rumah Sahabat Penyu, di Mampie, Kabupaten Polman. Terancam roboh, akibat Abrasi pantai. (Foto : Nadi).


Pihak terkait untuk segera menangani abrasi pantai yang terjadi. Meskipun sudah dibangun tanggul pemecah ombak yang berada di kanan sebelum Kawasan Konservasi Rumah Sahabat Penyu.


"Semoga Pemerintah segera melakukan penanganan abrasi pantai yang terjadi sepanjang perairan pantai Mampie. Utamanya di Rumah Sahabat Penyu." Ucapnya.


Sekedar diketahui abrasi pantai yang terjadi di sepanjang pantai Mampie, sudah terjadi setiap tahunnya. Dimana sudah hampir puluhan meter daratan pantai mampie hilang terbawa ombak laut. 


Bahkan tambahnya, kawasan pantai dan pemukiman pesisir pantai warga sudah beberapa kali direlokasi ke tempat menjauh dari garis pantai.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Abrasi Pantai Mampie Polman, Rumah Sahabat Penyu Terancam Roboh

Trending Now

Iklan

iklan