Iklan


 

BPOM, Uji Sampel Takjil di Pasar Pekkabata dan Wonomulyo. Aman

Selasa, 19 Maret 2024 | 21:20 WIB Last Updated 2024-03-19T13:20:49Z

Petugas BPOM Mamuju melakukan sampling di pasar tradisional sentral pekkabata. (Acm/Suk).

PolewaliTerkini.Net – POLMAN - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan intensifikasi pengawasan dan uji sampel  produk pangan dan jajanan takjil menu berbuka puasa,  di pasar tradisional sentral pekkabata. Selasa (19/03/2024).


Tim BPOM Mamuju ini, melakukan uji sampel dalam rangka memastikan takjil menu buka puasa di pasar sentral ini tidak mengandung bahan berbahaya dan layak konsumsi.


Agar tidak merugikan pedagang, sampel makanan yang di ambil tersebut di beli oleh petugas BPOM untuk dilakukan uji lab di tempat yang telah di siapkan.


"Saat ini kita berada di pasar sentral pekkabata guna melakukan pengawasan dan pemeriksaan produk makanan dan jajanan takjil. Kegiatan ini sudah menjadi rutinitas kita setiap tahun, di saat bulan ramadan dan jelang hari raya idul fitri." Ujarnya. Suliyanto Kepala BPOM Mamuju.


Ditambahkan, sebelumnya, kami sudah melalukan sampling  di pasar tradisional Wonomulyo yang keberadaanya mash di Kabupaten Polman. 


"Di sana kita juga melakukan sampling  untuk kita lakukan uji terhadap beberapa sampel  takjil." Jelasnya.


Jumlah sampling jajanan takjil yang di pasar Wonomulyo ada 7 sampel dan di pasar sentral pekkabata ada 22 sampel dengan total 29 sampel. 


"Alhamdulillah dari 29 jumlah sampel yang kita ambil itu semuanya hasilnya negatif jadi tidak mengandung formalin, boraks, atau bahan berbahaya  lainnya." Jelasnya 


"Jadi masyarakat di Polewali Mandar kalau mau membeli takjil di pasar sentral ini. berdasarkan uji sampel kita nyatakan sudah aman cuman dari pantauan kami masih ada beberapa pedagang yang belum menerapkan pola kebersihan dengan baik." Terangnya.


Suliyanto berharap agar pedagang bisa berdagang dengan kondisi lapak dan keadaan sekitar yang bersih biar jajanannya kebersihannya tetap terjaga. 


Laporan : Acm/Suk

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPOM, Uji Sampel Takjil di Pasar Pekkabata dan Wonomulyo. Aman

Trending Now

Iklan

iklan