Iklan


 

Dinas PUPR Utang Rp. 15 Miliar Pekerjaan Jalan di Polman

Rabu, 27 Maret 2024 | 17:21 WIB Last Updated 2024-03-27T09:21:31Z

Kadis PUPR Polman Ir Husain Ismail. (Foto : Ag/Suk).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat.


Berutang Rp. 15 Miliar kepada kontraktor pekerjaan jalan, Proyek jalan yang belum dibayarkan ini bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Polman tahun 2023 lalu. 


Seluruh titik paket proyek pekerjaan jalan di Polman sudah rampung 100 persen tahun lalu, Namun karena Pemkab Polman defisit Rp. 77 Miliar sehingga kegiatan proyek tersebut belum lunas dibayarkan. 


Kepala Dinas PUPR Polman, Husain Ismail membenarkan utang pekerjaan jalan Rp. 15 Miliar ini melekat pada bidang Bina Marga Dinas PUPR Polman.


Dia menyampaikan hal ini disebabkan karena daerah sedang mengalami defisit anggaran. 


"Pekerjaan jalan yang belum dibayarkan ini bersumber dari alokasi DAU hal ini disebabkan beberapa hal, diantaranya karena dana transfer yang terlambat masuk dan realisasi PAD yang tidak 100 persen." Ungkapnya, saat ditemui beberapa waktu lalu di ruangannya. 


Husain menjelaskan, selain bidang bina marga yang belum melunasi proyek rekanan tahun lalu, bidang cipta karya juga masih berutang Miliaran rupiah kepada rekanan. 


"Proyek masjid Millah Ibrahim tahun ini masih ada 25 persen belum dibayarkan, begitupun proyek air minum perpipaan tahun lalu juga belum lunas." Bebernya. 


Meski demikian, Husain kurang tahu persis terkait masalah keuangan daerah, sebab itu adalah kewenangan badan keuangan. 


Kata dia, OPD hanya tahu semua kegiatan yang masuk RAPBD sudah ada anggaran yang disiapkan.


"Jika kita harus memastikan anggaran dulu sebelum bekerja, maka otomatis kegiatan proyek tidak akan berjalan." Ucapnya. 


Dia menambahkan, rekanan yang nilai kontraknya besar sudah mempertanyakan hal ini.


Pihaknya pun memberikan penjelasan bahwa alasan tidak dibayar itu karena ada masalah di badan keuangan daerah dan apabila tidak dibayar tahun ini maka dibayarkan tahun berikutnya. 


"Selain kegiatan proyek yang anggarannya bersumber dari DAU juga terdapat kegiatan DAK yang belum dibayarkan di Polman tahun lalu, saya tidak tahu nilainya karena kegiatannya melekat pada bidang masing-masing." Tandasnya.


Laporan : Ag/Suk.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinas PUPR Utang Rp. 15 Miliar Pekerjaan Jalan di Polman

Trending Now

Iklan

iklan