Iklan


 

MTQ Polman ke X Wujudkan Generasi Qur'ani Polman

Senin, 04 Maret 2024 | 14:04 WIB Last Updated 2024-03-04T06:04:14Z

Pj Bupati Polman Muh Ilham Borahima menerima Piala bergilir MTQ Polman dari Camat Campalagian Aco Rifa'i sebagai juara bertahan. (Foto : Ag).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Pemkab Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-X.


Acara ini dibuka Pj Bupati Polman, Muhammad ilham Borahima di Tribun lapangan Pancasila, Kelurahan Pekkabata, Kecamatan Polewali. Jumat malam, 01 Maret 2024.


MTQ Polman kali ini mengangkat tema "Membangun generasi qur'ani untuk Polewali Mandar maju dan sejahtera". Ratusan peserta dari 16 kecamatan di Polman dipastikan mengikuti MTQ tersebut. 


Ketua Panitia MTQ ke X Polman sekaligus Kepala Kantor Kementerian Agama Polman, Imran K Kesa mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Polman atas dukungan dan kerjasamanya. 


Sehingga lanjutnya, setiap tahun kegiatan menggaungkan bacaan alquran melalui MTQ bisa terus terselenggara di Polman.


"MTQ adalah program Nasional yang dimulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Nasional, bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan meningkatkan pemahaman nilai-nilai qur'ani." Terangnya.


Lanjut Imran, melalui MTQ ini Qori dan Qoriah diminta menunjukkan kemampuan terbaiknya sehingga dapat go internasional membawa harum nama Polman. 


"Peserta MTQ akan mengikuti berbagai kategori lomba seperti tafsir, murratol,tahfidz, kaligrafi dan lomba lainnya." Bebernya.


Imran mengungkapkan tempat pelaksanaan lomba tersebar di beberapa titik diantaranya SMA 3 Polewali, aula hotel Al Ikhlas, kantor Kemenag Polman, aula kampus. IAI DDI Polman dan aula kantor Kominfo Polman. 


"Semoga MTQ ini melahirkan generasi rabbani dan Polman senantiasa dalam keadaan aman dan damai." Ucapnya. 


Penjabat Bupati Polman Muhammad Ilham Borahima berharap melalui MTQ ini lahir generasi yang bisa menjadi vaksin pada hal-hal yang senantiasa menggerogoti iman dan menjadi booster atas lemahnya iman. 


"MTQ ke-X bukan semata-mata wahana berlomba dan berlatih tapi juga bertujuan mengedukasi masyarakat sekaligus dakwah menyempurnakan yang iman." Ungkapnya. 


Menurut Ilham, semangat persaudaraan yang dicontohkan rasulullah harus dijunjung tinggi demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 


Dia juga berterimakasih kepada seluruh elemen yang turut andil atas terselenggaranya MTQ ke-X ini. 


"Daerah kita memiliki banyak guru tempat kita belajar membaca Qur'an dengan benar dan baik, seperti yang pernah ditorehkan orang tua kita yang pernah juara  di tingkat internasional yaitu KH Hasan Basri." Ujarnya. 


Ilham menambahkan, MTQ ke-X bukanlah sekedar lomba untuk mencari Qori-Qoriah dan Hafid- Hafidzah terbaik. 


Akan tetapi MTQ adalah suatu upaya konkrit umat islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Al-Qur'an supaya dijadikan sebagai pedoman hidup. 


" Semoga MTQ ini melahirkan generasi berbakat yang bisa membawa harum nama Polman di tingkat Nasional maupun internasional." Tuturnya. 


Malam pembukaan MTQ X yang diselenggarakan di tribun lapangan Pancasila ini, dihadiri oleh Pj Bupati Polman Muh Ilham Borahima.


Hadir juga Forkopimda, para Kepala OPD, Camat, para Kepala KUA, Kepala Baznas Polman H. Nurrahman dan undangan lainnya yang hadir dalam pembukaan MTQ.


Laporan : Ag/Suk

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • MTQ Polman ke X Wujudkan Generasi Qur'ani Polman

Trending Now

Iklan

iklan