Iklan


 

Serba Serbi Ramadan 1445 H/2024 M di Masjid Merdeka Wonomulyo

Rabu, 20 Maret 2024 | 19:36 WIB Last Updated 2024-03-20T11:36:39Z

Masjid Merdeka Wonomulyo, Kabupaten Polman. Favorit para musafir untuk beristirahat pada Ramadan 1445 Hijriah. (Foto : Nadi).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Masjid Merdeka Wonomulyo, yang berdiri mega di jalan trans sulawesi lintas barat, di Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman). 


Masjid ini, pada bulan suci Ramadan, jadi paling favorit persinggahan para musafir atau pelaku perjalanan untuk beristirahat pada waktu sebelum masuk Salat Duhur hingga selesai Salat Ashar. 


Para Musafir memilih Masjid Merdeka Wonomulyo, karena letaknya berada di jalan trans sulawesi, halaman parkir kendaraan luas dan ruang lantai satu merupakan tempat beristirahat untuk jemaah.


Seorang Musafir, Lanal, mengatakan. Salah satu daya tarik selalu beristirahat di Masjid Merdeka Wonomulyo, karena berdekatan langsung dengan jalan trans sulawesi. 


Selain itu kendaraan bisa di parkir di depan jalan raya tanpa memasukkan ke dalam halaman parkir Masjid. Lantai satu Masjid tersedia ruangan beristirahat, dan membaca kitab suci Alquran yang tersedia di ruangan Perpustakaan.


"Saya sekeluarga paling suka beristirahat di Masjid Merdeka Wonomulyo. Sebab paling dekat jalan raya, lalu di lantai satu bisa Salat lima waktu secara berjemaah dilanjutkan beristirahat dengan tidur." Tandasnya.


Disebut Musafir, setiap melintas di Kabupaten Polman, selalu berusaha menyempatkan diri beribadah dilanjutkan beristirahat di Masjid Merdeka Wonomulyo. Kebiasaan ini tak hanya di bulan Ramadan.


Masjid Merdeka Wonomulyo, Kabupaten Polman. Favorit para musafir untuk beristirahat pada Ramadan 1445 Hijriah. (Foto : Nadi).

Dia juga merasa kendaraan paling aman di parkir, begitu juga di dalam Masjid dapat bersantai berbincang sesama jemaah. Suasana nyaman juga terasa di lantai satu, karena pusat kegiatan beribadah Masjid Merdeka ada di lantai dua.


"Di lantai satu jemaah dapat bersantai menikmati suasana kesejukan dan nyaman dengan berbicara dan dapat membaca pelajaran agama, dengan membaca buku di perpustakaan." Sebutnya.


Dituturkan Musafir, selain di dalam Masjid di luar juga dapat beristirahat dengan duduk santai sambil bercanda gurau bersama jemaah dan warga di halaman masjid yang teduh. Suasana ini kadang dimanfaatkan anak-anak bermain-main di halaman Masjid.


"Di luar Masjid juga bagus beristirahat dibawa pohon yang asri dan suasana alam yang indah." Paparnya.


Hal yang sama disampaikan Musafir, Herman, mengatakan. Dirinya paling favoritkan beristirahat di Masjid Merdeka Wonomulyo, disebabkan ruangan lantai satu dapat mengaji dengan santai.


Bahkan tersedia Kitab Suci Al Quran dalam jumlah banyak. Tempat berwudhu dan kamar mandi berada satu ruangan di dalam Masjid lantai satu, memudahkan jemaah mengakses untuk beribadah.


"Bagus tersedia Al Quran di dalam masjid, memudahkan membaca setelah Salat. Lain Kamar mandi dan tempat wudhu di dalam masjid, jadi langsung saja masuk ke dalam, jadi tidak seperti Masjid pada umumnya." Bebernya.


Masjid Merdeka Wonomulyo, Kabupaten Polman. Favorit para musafir untuk beristirahat pada Ramadan 1445 Hijriah. (Foto : Nadi).

Disampaikan Herman, seperti biasa melintas tepat memasuki waktu Salat Ashar, di Masjid Merdeka Wonomulyo, dan langsung memilih beristirahat.


Selepas melepas lelah dengan berbaring di lantai, kemudian keluar mencari Takjil berbuka puasa di sekitaran Masjid di Lapak-lapak penjual di Alun-alun Wonomulyo, dan melanjutkan perjalanan.


"Biasanya pada waktu Salat Ashar, tepat saya melintas di Masjid Merdeka Wonomulyo. Hingga saya singgah Salat dan meluruskan badan sementara. Kemudian mencari makanan dan minuman untuk buka puasa di jalan." Tuturnya.


Sementara Muhammad, menyampaikan, untuk berbuka puasa senantiasa memilih Masjid Merdeka Wonomulyo, karena panitia Masjid menyediakan Kampung Ramadan. 


Dimana setiap harinya selama Ramadan menggelar buka puasa bersama bagi warga, dengan terlebih dulu buka puasa menu Takjil berbagai jenis kue dan minuman. 


Lalu setelah Salat Magrib kembali ke tempat Kampung Ramadan menikmati makanan berat seperti nasi dan lain sebagainya.


"Saya selalu menempatkan berbuka puasa di Masjid Merdeka Wonomulyo. Karena ada kegiatan buka puasa bersama setiap harinya selama Ramadan." Terangnya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Serba Serbi Ramadan 1445 H/2024 M di Masjid Merdeka Wonomulyo

Trending Now

Iklan

iklan