Iklan


 

Jelang Arus Mudik, Kebut Perbaikan Jalan Poros Polman-Mamasa

Kamis, 04 April 2024 | 22:08 WIB Last Updated 2024-04-04T14:08:56Z
Jalur Mudik Jalan penghubung Kabupaten Polman dengan Mamasa, diperbaiki menjelang arus mudik lebaran 1445 Hijriah. (Foto : Nadi).

PolewaliTerkini.Net.-.POLMAN - Untuk memberikan kenyamanan menjelang puncak arus mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.dan mencegah kecelakaan lalu lintas.


Jalur trans sulawesi lintas barat. jalan penghubung Kabupaten Polewali Mandar (Polman) menuju Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, dikebut perbaikannya oleh  PT Perkindo Perkasa.


Perbaikan jalan tersebut, dilakukan di 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Polewali, Anreapi, Kabupaten Polman dan Kecamatan Messawa, Kabupaten Mamasa. 


Perbaikan ini dengan panjang efektif pengerjaan sekitar 44 Kilometer. Dimana perbaikan jalan, meliputi rekonstruksi sepanjang 6 Kilometer, yang jalan mengalami kerusakan parah. 


Ditangani mulai dari base, rehab minor sepanjang 18 Kilometer dan Patching Aspal sepanjang 20 Kilometer dengan cara di tambal di sepanjang jalan.


Untuk percepat pekerjaan, sejumlah alat berat dikerahkan pekerjaan. Dengan mobil truk mengangkut material setiap ruas badan jalan yang rusak, kemudian ditambahkan di sisi-sisi jalan yang berlubang.


Jalur Mudik Jalan penghubung Kabupaten Polman dengan Mamasa, diperbaiki menjelang arus mudik lebaran 1445 Hijriah. (Foto : Nadi).

Kondisi tidak adanya jalan alternatif lain pada saat pengerjaan jalan berlangsung, membuat terjadinya kemacetan di jalan tersebut. Sehingga petugas memberlakukan sistem buka tutup jalan.


General Superintendent  PT Perkindo Perkasa, Herianto Jafar, mengungkapkan, pengerjaan ruas jalan mencapai 44,9 Kilometer, yang di kerjakan mulai dari Kecamatan Polewali hingga Messawa.


"Perbaikan jalan itu dilakukan dengan cara ditambal menggunakan aspal, kita mulai sejak bulan November 2023 target penyelesaiannya itu bulan Desember 2024, tapi kalau untuk penambalan jalan berlubang kita usahakan selesai tanggal, 05 Maret 2024, sebelum lebaran." Bebernya.


Tegas General Superintendent  PT Perkindo Perkasa, kendala yang dihadapi selama pengerjaan jalan, yakni kondisi cuaca yang tidak menentu, sehingga pengerjaan jalan sedikit terhambat selama ini.


"Kendalanya hujan, karena kalau di wilayah ini kalau sudah pukul 15.00 waktu setempat. sudah hujan, jadi kalau tidak hujan kita kerjakan. Dan apa bila memungkinkan pengerjaan malam kita juga kerja malam, yang pasti kita harus selesaikan sebelum mudik lebaran." Tandasnya.


Dilanjutkan General Superintendent PT Perkindo Perkasa, pihaknya juga kesulitan saat pengerjaan jalan lantaran banyaknya kendaraan yang melintas di jalan tersebut, sementara di jalur ini tidak ada jalan alternatif lainnya.


"Jadi untuk mengantisipasi kemacetan kita lakukan buka tutup jalan, kendaraan bergantian melintas di jalan ini, namun sistem buka tutupnya tidak terjadwal." Jelasnya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang Arus Mudik, Kebut Perbaikan Jalan Poros Polman-Mamasa

Trending Now

Iklan

iklan