Iklan


 

KPU Polman Launching Tahapan Pilkada Serentak

Minggu, 28 April 2024 | 19:16 WIB Last Updated 2024-04-28T11:16:40Z

Launching Tahapan Pilkada Kabupaten Polman 2024, KPU resmi menyatakan tahapan Pilkada Kabupaten Polman telah dibuka. (Foto : Nadi)

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Launching Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.


Kegiatan terlaksana di Pelataran Tribun Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Pemerintah Kabupaten Polman, Lapangan Pancasila,  Kabupaten Polman. Sabtu, 27 April 2024, Malam.


Launching tahapan Pilkada Kabupaten Polman, dengan penekanan push button sirene sebagai pernyataan telah dibuka Pilkada Kabupaten Polman.


Hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Polman, jajaran Komisioner KPU Polman bersama sekretariat, jajaran Komisioner KPU Provinsi  Sulawesi Barat dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Polman.


Ketua KPU Kabupaten Polman, Nurjannah Waris, mengatakan. Launching Tahapan Pilkada Kabupaten Polman 2024, sebagai bentuk sosialisasi secara luas tahapan Pilkada serentak kepada masyarakat. 


Sekaligus bentuk kesiapan KPU Kabupaten Polman, untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak, 27 November 2024. 


Sehingga dilaksanakan Launching Tahapan Pilkada Kabupaten Polman 2024 untuk berkordinasi semua pihak, menghadirkan kepala dinas, camat, kepala desa dan lurah se Kabupaten Polman.


"Launching Tahapan Pilkada, merupakan kegiatan kedua KPU Kabupaten Polman, untuk berkoordinasi semua pihak yang terlibat membantu KPU Kabupaten Polman dalam pelaksanaan Pilkada nantinya." Tegasnya.


Disebutkan Ketua KPU, kegiatan tersebut, untuk mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama menyukseskan tahapan Pilkada.


Menciptakan iklim demokrasi untuk melahirkan pemimpin di Kabupaten Polman. Dimana nantinya akan membawa Kabupaten Polman lebih maju dan sejahtera.


"Melalui Pilkada kami mengajak semua pihak ikut menyukseskan. Untuk melahirkan pemimpin Kabupaten Polman." Katanya.


Disampaikan KPU Kabupaten Polman, saat ini KPU Kabupaten Polman telah merekrut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dengan tidak mengunakan lagi PPK Pemilu 2024 yang lalu.


Dengan persyaratan yang sama dan memberikan kesempatan yang sama kepada siapapun yang akan bergabung menjadi panitia badan Adhoc. 


"Kami sudah membuka secara terbuka semua kalangan menjadi panitia badan Adhoc, dengan persyaratan yang sama pada Pemilu. Bukti kesiapan KPU menghadapi Pilkada." Ucapnya.


Sementara itu PJ Bupati Kabupaten Polman, Muh. Ilham Borahima, diwakili Asisten satu Pemkab Polman, Agusnia Hasan Sulur, menyampaikan, bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan pembelajaran dalam rangka mendewasakan bangsa.


Dan menguji sejauh mana nilai-nilai demokrasi yang telah menjadi jati diri bangsa. Itulah semua pihak harus sepakat melaksanakan Pemilu yang damai, sebuah kerja besar membutuhkan partisipasi seluruh elemen bangsa.


"Semua elemen bangsa harus kerja sama, mulai tataran individu, pemerintah untuk menjaga kondusifitas, netralitas dan keamanan selama pemilu." Tegasnya.


Disampaikan Asisten Satu Pemkab Polman, dengan dimulainya tahapan Pilkada Kabupaten Polman, sesuai kewenangan dan tugas masing-masing. 


Untuk turun memastikan Pilkada bukan semata-mata sebagai slogan, namun sebagai ikhtiar ciptakan atmosfer kondusifitas selama rangkaian Pilkada.


"Dimulainya tahapan Pilkada menjadi Ikhtiar menciptakan atmosfer kondusifitas selama rangkaian Pilkada." Terangnya.


Launching Tahapan Pilkada Kabupaten Polman 2024, KPU resmi menyatakan tahapan Pilkada Kabupaten Polman telah dibuka. (Foto : Nadi).

Lebih lanjut, selama tahapan Pilkada menjaga kedamaian yang merupakan tanggung jawab bersama dan memastikan semua unsur yang terlibat kampanye dari partai politik saling menghormati. 


Apalagi masyarakat semakin cerdas berpolitik, menjadi kedewasaan berdemokrasi bangsa. Semoga  hasil Pilkada mendapatkan perubahan bagi masyarakat Kabupaten Polman.


"Semua unsur terlibat saling menghormati dan masyarakat harus semakin dewasa berdemokrasi dengan saling menghargai perbedaan pilihan." Sarannya.


Sedangkan Ketua KPU Provinsi Sulawesi Barat, Said Usman Umar, menyampaikan, pertama kali Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat, Launching Tahapan Pilkada serentak adalah KPU Kabupaten Polman. 


Membuat KPU Kabupaten yang ada di Sulawesi Barat, ingin belajar dari KPU Kabupaten Polman. 


Telah memulai tahapan Pilkada serentak, termasuk jajaran KPU Provinsi Sulawesi Barat. Demi tahapan Pilkada betul-betul meriah menyambut pemimpinnya.


"Kegiatan Launching Tahapan Pilkada serentak Kabupaten Polman, menjadi perhatian para KPU Kabupaten dan kita di Provinsi mau belajar apa yang dilakukan Kabupaten Polman. Dalam tahapan Pilkada sudah siap melaksanakan dibandingkan Kabupaten lain di Sulawesi Barat." Tandasnya.


Diungkapkan Ketua KPU Sulawesi Barat. Tahapan Pilkada serentak sudah dimulai pada Februari 2024 yang lalu, namun disibukkan proses Pemilu 2024. 


Hal ini membuat KPU Pusat, baru 30 Maret 2024 melakukan Launching Tahapan Pilkada 2024 se Indonesia. Dilaksanakan di Yogyakarta.


Dan ini menjadi dasar semua KPU Kabupaten, Kota dan Provinsi untuk menentukan Launching Tahapan Pilkada serentak. Dan KPU Kabupaten Polman telah memulai malam ini.


"Tahapan Pilkada serentak masuk pada 24 Februari 2024, lalu. Hanya kita disibukkan amanah negara prosesi pemilihan umum sehingga, baru 30 Maret 2024 dilakukan Launching Tahapan Pilkada dan tahapan terus berjalan." Tuturnya.


Uraikan KPU Provinsi Sulawesi Barat, menghadapi tahapan Pilkada serentak 2024, jajaran KPU Kabupaten dan Kota, telah mensosialisasikan pendaftaran panitia Badan Adhoc. 


Yakni, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan nanti Panitia Pemungutan Suara (PPS). Masyarakat tidak ragu karena momentum masuk terlibat menjadi penyelenggara Pemilu.


"Semua pihak yang ingin terlibat jadi penyelenggara Pilkada silahkan bergabung menjadi Panitia Badan Adhoc yang dimulai 23 hingga 29 April 2024." Ujarnya.


Kata dia, tahapan Pilkada saat ini, yakni pada 5 Mei 2024 mendatang, sudah masuk pendaftaran calon perseorangan, dengan mengumpulkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E). Diserahkan ke KPU Kabupaten Polman, untuk kemudian KPU yang melakukan verifikasi faktual.


"Saat ini bagi calon perseorangan telah siap-siap mengumpulkan KTP-E, dimasukan di KPU pada 5 Mei 2024 mendatang untuk diverifikasi." Urainya.


Kemudian untuk partai politik mengusung pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati pada 27 Agustus 2024 mendatang. 


Sehingga pada akhir September 2024, sudah ada ditetapkan pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Polman. 


Dan Oktober 2024 masa kampanye dan 27 November 2024, memilih pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kabupaten Polman.


"Parpol akan mengajukan pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupatinya pada 27 Agustus 2024. Nanti KPU akan menetapkan pasangan calon bupati dan calon Wakil Bupati September 2024. Dan 27 November 2024 kita bersama memilih pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati." Katanya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KPU Polman Launching Tahapan Pilkada Serentak

Trending Now

Iklan

iklan